Membahas Contoh Surat Permohonan Referensi Bank


Dalam pembahasan contoh surat permohonan referensi bank kali ini ingin membahas detail mengenai contoh surat tersebut. Apa saja isi yang terkandung pada surat tersebut. Dalam membuat surat referensi adalah tujuan dalam pembuatan surat referensi tersebut, contohnya dalam pembukaan rekening pada suatu bank. Biasanya, apabila perusahaan membuka rekening pada suatu bank, maka diperlukan surat referensi dari bank tersebut. Isinya berupa lampiran dan perihal ditujukan kepada pimpinan bank. Pimpinan di sini tidak harus kepada direksi, cukup pimpinan di mana ia membuka rekening tersebut, dan isinya dengan menyatakan untuk keperluan pembukaan rekening mohon minta surat referensi. Selain itu, perlu mencantumkan jenis pekerjaan dan di bawahnya ditandatangani dan stempel oleh pimpinan yang bersangkutan.
Contoh surat permohonan referensi bank tidak semuanya sama, baik dalam hal desain maupun dalam hal isi. Biasanya, disesuaikan oleh perusahaan tersebut.

Terkadang, ada beberapa syarat yang harus diajukan pemohon agar surat referensi tersebut dapat dikeluarkan oleh bank. Tentunya sebuah bank tidak akan begitu saja mengeluarkan referensi jika tujuannya tidak jelas, permohonan surat referensi akan memiliki pertimbangan tersendiri. Mungkin jika melihat contoh terlihat mudah dalam mengajukannya, tetapi sebagian besar surat refrensi tidak mudah seperti yang kita ajukan, harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh bank, bahkan dalam proses persetujuan dapat memakan waktu yang cukup lama.

Namun, akan terasa mudah bila kita mengenal orang bank secara lebih dekat. Contoh yang penulis berikan bukanlah contoh yang signifikan. Kita dapat mengubah kata-katanya agar pihak bank juga dengan mudah menterjemahkannya. Apalagi, pihak bank dalam melakukan sesuatu selalu memiliki proses pengecekan ulang karena sangat berisiko apabila ada pemeriksaan dari tim audit internal maupun tim audit eksternal, sehingga surat apa pun yang dibuat dan dikeluarkan oleh bank selalu memiliki pertimbangan dan harus memiliki dasar. Bagi kita yang ingin mengajukan surat referensi tentunya harus jelas maksud pengajuan tersebut dan dapat memenuhi syarat yang diajukan oleh bank yang dimintai surat tersebut. Sehingga dalam proses pengajuan kita menjadi lebih mudah, diharapkan uraian ini dapat menjadi penjelasan yang dapat digunakan untuk kepentingan kita. Egitulah salah satu contoh surat permohonan referensi bank.

Selanjutnya : Kisah Singkat dari Nabi Ayyub as.
Sebelumnya: Contoh Surat Penawaran Jasa Asuransi Jiwa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar