Membangun Studio Musik Rumah

Anda memiliki hobi bermain musik? Jika iya, tentunya Anda ingin selalu bisa bermain musik sepuasnya tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, waktu, dan juga tenaga, bukan? Ternyata hal itu bisa dilakukan! Caranya, dengan membangun studio musik rumah.

Untuk membangun studio musik, dibutuhkan perencanaan yang matang seperti halnya rumah tinggal. Anda tentu ingin studio tersebut menjadi tempat yang nyaman dan juga menyenangkan.

Beberapa orang berpendapat bahwa dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk bisa membangun studio musik. Namun, semua itu bukanlah masalah, mengingat tujuan utama, yaitu untuk menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya. Bayangkan biaya yang cukup banyak apabila setiap hari Anda harus menyewa studio musik.

Harus diakui, studio musik menjadi sesuatu yang penting bagi seseorang yang berprofesi di bidang seni musik. Untuk itu harus dicari solusi yang tepat agar bisa membangun studio musik di rumah meskipun dengan biaya yang sangat minim.

Syarat Membangun Studio Musik Rumah

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membangun studio musik rumah, di antaranya adalah sebagai berikut.

• Sediakan ruangan khusus yang akan dijadikan studio musik

• Sediakan daya listrik yang memadai

• Membuat ruangan tersebut menjadi kedap suara, agar tidak menimbulkan pencemaran suara bagi lingkungan sekitar. Agar lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi kepada orang yang ahli di bidangnya.

• Perkirakan ukuran ruangan bisa menampung semua alat musik yang dibutuhkan, misalnya speaker, microphone, drum, gitar, piano, dan lain sebagainya.

• Desain ruangan harus dibuat senyaman mungkin agar Anda dan rekan-rekan Anda bisa betah saat berada di dalam ruangan.

• Perhatikan posisi plafon. Karena ukuran plafon menentukan kesan luas atau sempit dari studio musik. Selain itu, ketinggian plafon juga harus tepat. Semakin tinggi posisinya, maka semakin besar gelombang suara yang ditimbulkan dan itu tentu tidak memuaskan.

• Perhatikan ventilasinya, karena kenyamanan studio musik tergantung pada sirkulasi udara yang bagus. Jangan sampai studio musik menjadi pengap dan bau hanya karena masalah sirkulasi yang kurang tepat.

Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Loading...
Selanjutnya : Kecepatan Smart Modem
Sebelumnya: Membaca Komik Disney Aurora
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar