Membuat Awalan Cerpen


Membuat cerpen yang menarik dan enak dibaca bukanlah hal yang mudah. Banyak tips dan trik tertentu yang harus diperhatikan dan diterapkan oleh penulis. Secara teori, mungkin tidak terlalu sulit untuk membuat sebuah cerpen. Namun pada praktiknya, banyak orang merasa kesulitan untuk membuat awalan cerpen.

Awalan Cerpen yang Memikat

Banyak yang bisa membuat cerpen yang bagus. Namun sayangnya, tidak diimbangi dengan kemampuan awalan yang menarik. Sehingga amat disayangkan jika tulisan yang bagus tersebut tidak akan dilirik hanya karena masalah sepele.

Mungkin Anda akan protes atau putus asa saat mengetahui cerpen yang bagus, justru terlihat tidak menarik di mata pembaca hanya karena masalah “Awalan”. Namun bayangkan saja, apa jadinya sebuah cerpen jika awalannya saja sudah tidak menarik, tidak greget, dan cenderung membosankan. Pembaca bakal kabur dan tidak melirik sedikit pun cerpen yang sudah susah payah dibuat.

Pentingnya membuat awalan pada cerpen disampaikan beberapa redaktur majalah yang seringkali mengeluh tentang kiriman naskah dari kontributor yang kebanyakan memiliki kelemahan dalam membuat awalan yang menarik. Padahal, banyaknya naskah yang masuk tentunya membuat pihak redaktur berusaha memilah naskah berdasarkan dari awalan cerpen yang memikat.

Jadi awalan cerpen ibarat etalase pada toko, apabila menarik pasti pembeli banyak yang masuk. Demikian pula sebaliknya, jika etalasenya saja tidak menarik, pembeli tidak akan tertarik untuk masuk toko tersebut.

Agar bisa menulis awalan cerpen yang bagus, penulis harus sering membaca, berlatih dan pandai menggunakan imajinasinya dengan baik. Membuat awalan pada cerpen haruslah langsung pada inti permasalahan yang ditulis dalam cerpen tersebut dan hindari membuat awalan yang berbelit-belit. Agar lebih jelas, simak tips-tips membuat awalan cerpen berikut ini.

• Gunakan majas untuk mempercantik cerpen, karena ada sebagian pembaca yang suka dengan kalimat-kalimat yang dibumbui majas.

• Gunakan konflik atau tindakan tak terduga agar pembaca penasaran.

• Buat awalan yang menegangkan, karena kebanyakan pembaca akan langsung terkesima dan tertarik dengan cerpen yang menegangkan.

• Menulislah dan jangan terlalu banyak berpikir, karena seiring berjalannya waktu Anda pasti akan menemukan awalan yang tepat.

Semoga informasi tentang membuat awalan cerpen di atas dapat bermanfaat.

Selanjutnya : Membuat Kegiatan Menarik
Sebelumnya: Paket Sosial Networking dan Chatting IM3
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar