Tips Membuat Bolu Anti Bantat

Sebagaian besar para ibu rumah tangga pernah membuat bolu. Namun, sayangnya tidak semua yang berhasil membuat kue bolu yang “menggelembung” cantik dan menggemaskan. Ada yang gosong, ada yang terlalu kering, dan yang paling sering terjadi adalah bolu tidak mengembang alias bantet.

Banyak mitos yang beredar mengenai mengapa bolu menjadi bantet. Sebagian orang memercayai bahwa bolu menjadi bantet disebabkan karena terlalu sering diintip ketika proses pemanggangan sedang berlangsung. Mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Membuka-tutup pintu oven terlalu sering untuk mengintip kematangan oven memang bisa saja menyebabkan bolu menjadi bantet. Namun apabila hanya mengintip dari kaca oven saja, tentu tidak akan mempengaruhi bolu bantet atau tidak.

Tips Membuat Kue Bolu Tidak Bantet

Agar bolu tidak bantet, pengolahan yang tepat harus dilakukan dari awal proses pembuatan. Bagaimana cara mengaduk, penggunaan bahan-bahan, hingga proses pemanggangan. Berikut tips yang bisa dilakukan agar bolu tidak bantet.

  • Gunakan bahan-bahan berkualitas. Bahan berkualitas bukan berarti bahan-bahan impor dengan harga mahal. Melainkan bahan-bahan pembuat kue yang memenuhi standar kelayakan. Pastikan tepung terigu belum menggumpal, mentega belum berbau, dan sebagainya. Lakukan penjemuran di bawah sinar matahari jika tepung dalam keadaan bergumpal atau lembab, lalu ayak agar tepung halus.
  • Gunakan bahan dalam kondisi suhu ruang. Suhu ruang merupakan suhi normal di dalam ruangan tanpa pengaruh alat pendingin atau penghangat ruangan. Oleh karena itu, jangan gunakan bahan-bahan yang baru dikeluarkan dari kulkas seperti telur. Begitu pula dengan margarin yang baru dicairkan. Dalam kondisi panas, margarin cair yang dicampur dalam tepung akan mengakibatkan adonan tepung tidak halus dan sulit mengembang.
  • Pastikan alat-alat masak yang digunakan dalam keadaan kering dan bersih. Wadah yang berair atau berminyak akan mempengaruhi kualitas bahan menjadi buruk. Telur misalnya. Apabila telur dikocok dalam wadah yang berminyak, maka telur tidak mengembang sempurna dan menjadikan bolu bantet.
  • Mengocok adonan dengan sempurna. Kualitas adonan bolu yang baik adalah berwarna putih, kental, dan halus. Cara memastikan kekentalannya dapat dilakukan dengan menggunakan spatula karet. Apabila adonan tidak mudah jatuh dari spatula, berarti kualitas kekentalannya sudah cukup baik.
  • Cara memasukkan tepung yang tepat. Jangan memasukkan tepung sekaligus dalam adonan telur atau mentega. Melainkan ayak dan masukkan sedikit demi sedikit agar adonan tidak menggumpal dan bercampur rata.
  • Pastikan oven sudah dalam keadaan panas sebelum memasukkan adonan bolu. Membiarkan bolu berada dalam oven yang belum panas sempurna akan membuat adonan menjadi turun dan sulit sekali mengembang.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dicoba saat akan membuat bolu. Mudah-mudahan dapat membantu para ibu yang ingin sukses membuat beraneka bolu lezat dan empuk. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Serba Serbi tentang Timnas Sepakbola Jerman
Sebelumnya: Macam-macam Panggilan Sayang yang Romantis Buat Pacar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini