Membuat Contoh Hasil Wawancara Dalam Paragraf


Wawancara atau proses tanya jawab adalah sebuah pengajuan beberapa pertanyaan dari satu orang kepada orang yang lain mengenai satu hal tertentu untuk diperoleh sebuah kesimpulan mengenai satu hal tertentu pula.

Di dalam melakukan proses wawancara, hasil wawancara adalah sangat penting untuk didokumentasikan karena inilah yang akan dijadikan sebagai pedoman dan acuan untuk membuat hasil wawancara. Inilah di mana kita dapat berlatih untuk membuat contoh hasil wawancara dalam paragraf.

Inti wawancara adalah dalam pertanyaan yang diberikan kepada penanya kepada narasumber wawancara. Di dalam melakukan hal ini maka akan mengacu pada sejumlah pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya oleh si penanya.

Kemudian, ketika wawancara sedang berlangsung maka si penanya akan mencacat atau merekam semua jawaban yang diberikan oleh narasumber dari semua pertanyaan yang telah diberikan.

Setelah selesai menjalankan wawancara maka hal selanjutnya yang akan menjadi tugas dari penanya atau orang yang melakukan wawancara adalah membuat hasil wawancara.

Di dalam melakukan hal ini, maka hasil wawancara biasanya dibuat dengan bentuk yang lebih cenderung berbeda dibandingkan dengan bentuk dari pertanyaan wawancara.

Jika bentuk pertanyaan di dalam wawancara biasanya dibuat di dalam bentuk kalimat langsung maka bentuk dari hasil wawancara ini dapat dibuat dalam bentuk paragraf. Paragraf adalah bagian dari sebuah karangan yang terdiri dari beberapa garis tulisan.

Berikut ini diberikan satu contoh mengenai hasil wawancara yang telah ditulis di dalam bentuk paragraf. Wawancara telah dilakukan kepada bapak Kasnawi dari pemiliki 13 ekor kambing ternak yang tinggal  di desa Junwatu Kecamatan Junrejo Kota Batu pada hari Minggu, 5 Juni 2013.

Bapak Kasnawi menjelaskan bahwa usaha beliau menernakkan kambing sebanyak 13 ekor ini bukanlah hal yang cukup sulit untuk dilakukan.

Karena beliau hidup di pedesaan maka hal ini memberikan kemudahan tertentu di dalam usaha beliau untuk memberikan makan dari semua kambing yang dimiliki.

Di dalam bahasa Jawa ada istilah ngarit  dan ini adalah usaha untuk mencari rumput di mana rumput inilah yang akan dijadikan sebagai makanan dari si kambing.

Ngarit akan lebih mudah dilakukan karena di daerah pedesaan masih mudah ditemukan area berumput.
Itulah salah satu membuat contoh hasil wawancara dalam paragraf yang dapat kita buat dengan lebih mudah lagi.

Selanjutnya : Arti Nama-nama Bayi Kristen Laki-Laki
Sebelumnya: Belanja Di Gedebage
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar