Membuat Contoh Pidato Peringatan Hari Kartini

Hari Kartini biasanya diperingati oleh kita sebagai orang Indonesia pada 21 April. Pada tanggal itu, Kartini lahir dan memberikan sebuah pencerahan kepada dunia tentang hak perempuan yang haruslah sama dengan lelaki.

Biasanya, banyak kegiatan yang dilakukan pada Hari Kartini. Di sekolah-sekolah misalnya, biasanya diadakan lomba berpakaian adat ala Kartini untuk perempuan atau pakaian adat untuk lelaki. Selain lomba memakai kebaya ala Kartini, kita juga bisa mengadakan lomba membuat contoh pidato peringatan Hari Kartini.

Membuat pidato pada Hari Kartini biasanya berisikan tentang perjuangan Kartini untuk membuat perempuan bisa bersekolah. Pidato tentang Hari Kartini haruslah bisa memberi apresiasi lebih terhadap perempuan yang tidak boleh selalu ditindas oleh lelaki. Pada zaman dahulu, perempuan tidak boleh pergi bersekolah dan bekerja.

Mereka hanya boleh mengurus rumah, mengurusi suami dan anak, serta jarang yang boleh keluar rumah. Membuat pidato pada Hari Kartini haruslah bisa memberikan semangat kepada para perempuan untuk bisa bangkit dari diskriminasi.

Dengan semangat Kartini yang bergebu-gebu ingin bersekolah, Kartini mengeluarkan buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang yang berisikan tentang melawan diskriminasi kaum lelaki kepada wanita. Setelah adanya buku yang ditulis oleh Kartini, para perempuan bisa bersekolah, bisa bekerja, dan bisa saja melakukan hal-hal yang pria lakukan.

Di zaman sekarang yang sudah modern, bahkan banyak sekali pejuang wanita yang suksesnya setara dengan pria. Beberapa pemimpin negara wanita juga berhasil mengelola negaranya dengan makmur. Beberapa pemimpin perusahaan adalah wanita sukses yang berjuang untuk mencapai cita-citanya.

Menjadi wanita karier yang bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik adalah contoh Kartini masa kini. Biasanya, wanita yang sukses dalam berkarier dan mengurus rumah tangga bisa memberikan semangat kepada wanita-wanita lainnya dalam sebuah contoh pidato peringatan hari Kartini.

Bagaimanapun, usaha Kartini untuk memperjuangkan haknya di depan pria, banyak sekali mengubah pola pikir wanita zaman sekarang untuk terus berkarya dan tidak hanya diam saja di rumah mengurus keluarga. Sebagai wanita yang lahir di zaman modern, kita harusnya bisa meneruskan perjuangan Kartini dengan tidak melanggar adabnya terhadap pria.

Selanjutnya : Merawat Celana Panjang Wanita
Sebelumnya: Cara Buat Visa ke Vietnam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...