Membuat Kolase dengan Photoshop


Mungkin sebagian dari Anda masih belum mengetahui apa itu kolase? Kolase adalah seni menempel sobekan kertas warna-warni pada sebuah bidang yang sudah terdapat polanya, misalnya gambar binatang, rumah, bunga, dan sebagainya. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, Anda tidak perlu repot-repot membuat kolase dengan cara lama, karena ada cara baru yang cukup mudah dan ringan, yakni membuat kolase dengan photoshop.

Langkah Membuat Kolase

Membuat kolase dengan photoshop ini bisa diterapkan pada sebuah foto, yang nantinya akan menghasilkan foto dengan efek yang bertumpuk-tumpuk. Wah.. bagus sekali bukan? Ingin tahu lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka program adobe photoshop di desktop, kemudian cari program adobe photoshop
  2. Buka gambar yang hendak diberikan efek kolase atau bisa juga dengan menekan ”Ctrl + O”
  3. Jiplaklah layer foto yang akan diberi efek kolase dengan cara menekan tombol ”CTRL + J” atau tarik layer foto pada tombol Create New Layer, lalu simpan dengan nama foto tersebut agar lebih mudah.
  4. Anda buat layer baru, kemudian gunakan ”Paint Bucket Tool” untuk memberi warna hitam, lalu tempatkan layer baru ini sebagai background 
  5. Tekan Create New Group untuk membuat grup layer, pembuatan grup layer akan memudahkan kinerja Anda mengingat nantinya Anda akan bekerja dengan layer yang lebih banyak. 
  6. Tarik layer foto pada grup yang sudah dibuat
  7. Buat dua atau tiga buah layer baru pada grup, kemudian tempatkan layer tersebut di bawah layer fotonya. 
  8. Tambahkan Clipping Mask, dengan cara, tarik kursor di antara layer foto tersebut bersamaan dengan menekan tombol ”ALT”. 
  9. Gunakan Rectangular Marquee Tool untuk memberikan warna putih pada layer kedua. Demikian seterusnya pada layer berikutnya. 
  10. Tekan klik kanan pada ”layer 2”, kemudian pilihlah Blending Option, lalu aturlah settingan sesuai keinginan, lalu klik ”OK”
  11. Salin grup yang pertama dengan Duplicate group, lalu simpan dengan group 2, lalu klik ”OK”
  12. Gunakan Move Tools untuk menggeser kotak sesuai dengan keinginan Anda. 
  13. Gantilah warna background sesuai dengan selera Anda.

Demikian cara membuat kolase dengan photoshop. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Pelanggaran HAM di Indonesia Pasal 27 Ayat 1
Sebelumnya: Metode-Metode Studi Deskriptif Kualitatif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar