Tahapan Membuat Latar Belakang Makalah


Sebelum membuat latar belakang, terlebih dahulu mengenal pengertian latar belakang.  Latar belakang adalah sebuah dasar pemikiran atau suatu pemaparan awal tentang sesuatu hal yang akan disampaikan kepada para pembaca secara umum.

Latar belakang digunakan pada pembuatan makalah, tugas akhir, skripsi, dan tesis. Penulis memaparkan suatu dasar pemikiran yang membawanya untuk menuliskan perihal masalah atau penelitian yang ditulisnya itu.

Tujuan latar belakang ditulis sebagai langkah awal penulisan agar pembaca tahu tentang dasar pemikiran dituliskannya makalah atau penelitian tersebut sehingga memiliki gambaran sebelum membaca lebih dalam.

Berikut ini tahapan latar belakang.

1. Membuat ancangan yang akan dibahas.

2. Alur yang dibuat hendaknya mudah dipahami oleh pembaca, dengan bahasa dan kalimat yang baik.

3. Menggunakan narasumber atau sumber teori yang jelas.

4. Jelas menggambarkannya agar pembaca terarah pada masalah yang dibahas.

5. Mengemukakan gambaran umum.

6. Pengalaman empiris.

7. Alasan dibuatnya penulisan.

Bahasa yang digunakan dalam latar belakang, hendaknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dengan benar. Artinya, dapat dengan mudah dimengerti dan dipahami pembaca. Gunakan bahasa yang baku, jika itu diperlukan. Gunakan bahasa ilmiah, jika itu berhubungan dengan penelitian ilmiah.

Menulis latar belakang diperlukan ide atau dasar pemikiran yang original, yaitu dasar pemikiran yang keluar dari penulisnya.

Hal itu akan membantu Anda untuk menuliskan isi makalah selanjutnya, sebab tanpa disadari dengan latar belakang masalah tersebut Anda telah mempunyai panduan prihal tentang apa yang akan disampaikan kepada pembaca.

Berikut ini isi latar belakang.

1. Latar belakang masalah.

2. Identifikasi masalah.

3. Pembatasan masalah.

4. Perumusan masalah

Hambatan dalam pembuatan latar belakang yang biasanya ditemui adalah beberapa permasalah diambil bukan pada permasalahan yang nyata, masalah yang akan dituliskan terlalu luas, tidak adanya data pendukung. Hal tersebut biasanya membuat latar belakang sulit dipahami.

Demikianlah artikel singkat tentang Tahapan Membuat Latar Belakang Makalah ini. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mesin untuk Kerajinan Kelapa Batang Menjadi Produk Kerajinan
Sebelumnya: Kumpulan Kata Mutiara Sahabat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar