Membuat SIUP UKM


Anda pasti sudah tahu kepanjangan dari SIUP? Ya, kepanjangan SIUP adalah Surat Izin Usaha Perdagangan. SIUP merupakan salah satu syarat yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik usaha, karena surat tersebut merupakan bukti atas usaha yang sudah Anda dirikan.

SIUP dari pemerintah tersebut tidak hanya dibutuhkan oleh pelaku usaha dalam bentuk perseorangan maupun usaha yang sudah berbadan hukum. Bukan hanya berlaku untuk pemilik usaha dalam skala besar, melainkan usaha kecil dan menengah juga diharuskan memiliki SIUP. Membuat SIUP UKM bertujuan agar usaha yang dijalankan oleh penguasa kecil atau menengah juga mendapatkan pengakuan dari pemerintah, yang nantinya tidak akan timbul permasalahan yang bisa mengganggu jalannya usaha Anda.

Penjelasan tersebut sudah cukup membuat Anda mengerti betapa pentingnya arti SIUP bagi pengusaha. Membuat SIUP ukm juga dapat memudahkan pengusaha kecil menengah dalam mendapatkan pinjaman di bank-bank pemerintahan, bantuan modal dari negara, karena SIUP akan menjadi salah satu syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman.

Selain itu, pemilik SIUP akan lebih mudah melakukan perdagangan ekspor dan juga impor, bisa dengan mudah mengikuti program lelang yang diselengarakan oleh berbagai pihak.
Wah, sudah tahu besarnya manfaat dari SIUP kan?

Cara Membuat SIUP UKM

kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara membuat SIUP UKM yang akan dilakukan di Kantor DisPerinDag di kota Anda. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya.

1. Datang ke kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan di kota Anda

2. Ambil formulir pendaftaran, lalu isi sesuai dengan data yang benar, lampirkan materai dan fotocopy sebanyak dua lembar.

3. Kumpulkan syarat- syarat berikut.

  • 3 lbr fotocopy akte pendirian usaha 
  • 3lbr fotocopy KTP 
  • 3 lbr fotocopy NPWP 
  • 3 lbr fotocopy izin gangguan
  • 3 lbr neraca perusahaan 
  • Denah lokasi tempat usaha
  • Materai 6000

4. Siakan dana sesuai dengan tarif yang berlaku.

Nah, sudah tahu kan, bagaimana cara membuat SIUP UKM? Untuk itu, jangan ragu untuk mendaftarkan usaha Anda agar mendapatkan pengakuan dari negara dan agar Anda mendapatkan berbagai kemudahan lainnya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Selanjutnya : Melihat Pemandangan Matahari Terbit di Tepi Pantai
Sebelumnya: Keunggulan Sumber Informasi Melalui Internet Dibanding Sumber Informasi Cetak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar