Cara Membuat TV Satelit Sendiri


TV satelit adalah televisi yang pancaran sinyalnya diterima dari satelit secara langsung. Salah satu cara menangkap sinyal TV yang dipancarkan secara langsung melalui satelit adalah menggunakan parabola. Namun kini ada layanan TV kabel atau TV berlangganan yang memungkinkan pengguna tidak harus membeli parabola sendiri yang berukuran besar. Parabola memiliki harga yang tidak murah, akan tetapi baik menggunakan layanan parabola, TV kabel maupun TV berlanganan tetap mebutuhkan biaya yang tidak kecil. Bagi yang senang merangkai alat elektronik, anda bisa membuat TV satelit sendiri di rumah.

Merakit TV Satelit

Untuk merakitnya, beberapa peralatan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Bahan kayu atau logam sebanyak 13 lembar. Logam dapat digunakan lempeng alumunium.
  2. Dua potongan pelat besi
  3. Potongan papan atau logam yang digunakan, dipakai sebagai tangkai penyangga
  4. Mur atau baut dan sekrup
  5. Paku
  6. Kawat kasa alumunium.
  7. LNB twin
  8. Kabel

Adapun cara merangkainya adalah sebagai berikut :

  • Lempengan logam atau kayu akan diaplikasikan sebagai penerima sinyal atau reflektor parabola. Untuk hasil optimal, lempeng alumunium lebih dianjurkan. Dibuat bentuk menyerupai mangkuk dengan diameter tertentu. Ukuran diameter ditetapkan berdasarkan tinggi kaki atau tanggkai parabola yang akan dibuat. Misalnya tinggi kaki adalah 8 kaki, maka ukuran diameter yang disarankan adalah 224 cm. kemudian kedalaman lekuk antenanya adalah 33 cm dan jarak fokus 97 cm. Alat disusun sedemikian dengan ukuran yang telah ditetapkan tersebut.
  • Rumus bakunya adalah sebagai berikut. Jjarak fokus = (Diameter) 2/16 X ukuran tangkai.
  • Setelah menyiapkan disk atau mangkuk parabola, siapkan tangkai yang akan menopang disk tersebut.  Fungsi tangkai adalah untuk menahan lempeng parabola supaya titik fokus tidak berubah-ubah atau goyang. Untuk hasil yang terbaik, sebenarnya pembuatan baik lembeng mangkuk maupun tiangnya disatukan dengan cara cor. Akan tetapi jika hal tersebut mempersulit dapat dipakai mur atau baut tanpa cor. Antena dipasang setelah tiang benar-benar kokoh sehingga tidak terjadi kemungkinan robohnya antena. yang perlu dijadikan periksa adalah lempeng antena harus dapat digerak-gerakkan, caranya adalah melonggarkan tautan antara tangkai dan lempeng.
  • Setelah kerangka antena jadi, tinggal dipasang LNB dan kabel untuk koneksi.

Demikian cara membuat TV satelit sendiri. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Mengenal Symbian Aplikasi 7610
Sebelumnya: Cara Menghitung Volume Silinder Motor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar