Membuat Umpan Ikan Mas


Umpan ikan mas memiliki beberapa jenis yang berbeda.  Itulah sebabnya setiap pemancing memiliki selera yang tidak sama dalam membuat umpan untuk memancing ikan mas tersebut. Tidak kurang dari lima jenis umpan yang sering dibuat oleh para pemancing sebagai umpan memancing ikan mas, baik ikan mas yang ada di kolam atau empang, maupun ikan mas yang berada di alam bebas seperti danau atau sungai.

Salah satu bahan untuk membuat umpan memancing ikan masa adalah campuran dari beberapa bahan seperti kroto. Kroto adalah telur dari semut rangrang atau semut merah yang dicampur dengan susu bubuk dan merah telur bebek. Berikan tambahan ikan tuna dan katulampa.

Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu dan diaduk hingga merata. Selanjutnya, adonan tersebut dimasukkan ke dalam plastik dan selanjutnya dikukus selama kurang lebih 40 menit. Katulampa digunakan untuk membuat umpan lebih keras.

Umpan kedua bisa dibuat dengan menggunakan ikan tuna yang sudah dihaluskan. Ikan tuna halus ini diberi campuran sari udang serta ubi kuning yang sudah dikukus. Tambahkan katulampa serta kroto dan kuning telur bebek. Lalu, semua bahan diaduk menjadi satu. Namun, jangan sampai adonan terlalu lembek. Setelah terasa kalis, gunakan kroto sebagai pelapis luas umpan sebelum dilemparkan ke dalam air.

Kita bisa pula membuat umpan yang berasal dari campuran ikan laut segar, telur bebek, susu bubuk, dan umbi jalar. Ikan laut segar ini bisa berupa ikan tongkol, tenggiri, atau juga kakap yang diambil dagingnya.

Cara membuatnya adalah mencampurkan ikan laut, telur bebek, dan susu bubuk dengan cara diblender serta dikukus hingga matang. Selanjutnya, umbi jalar dihaluskan lalu kemudian dicampur dengan adonan yang telah dikukus tersebut.

Yang perlu juga diketahui dalam memancing ikan mas adalah lokasi pemancingan. Untuk memancing di perairan alam, seperti di sungai, muara, atau juga danau, sebaiknya gunakan umpan yang banyak terdapat di alam. Misalnya saja, cacing, udang, atau campuran yang menggunakan bahan dasar dari alam tersebut. Sedangkan untuk memancing di empang atau kolam, kita bisa menggunakan umpan buatan seperti pelet.

Selanjutnya : Alternatif Lain Selain Iklan Mobil Bekas di Post Kota
Sebelumnya: Tanda Hamil Muda Minggu Pertama
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar