Membuat Yoghurt Serta Langkah Sederhana Pembuatan Yoghurt

Alat dan bahan membuat yoghurt bisa dengan mudah ditemukan di dapur kita. Karena itu, mengapa tak mencoba membuat yoghurt sendiri? Dengan membuat yoghurt sendiri, para ibu rumah tangga bisa menghemat biaya dan tidak akan pernah kehabisan stok yoghurt.

Peralatan dan Bahan Dalam Pembuatan Yoghurt

Peralatan untuk membuat yoghurt tak perlu membeli baru. Semua peralatan yang dibutuhkan pada dasarnya sudah ada di dapur kita dan sering dipakai untuk mengolah makanan. Berikut ini peralatan yang dibutuhkan untuk membuat yoghurt.

  • Kompor
  • Panci
  • Pengaduk
    Untuk pengaduk ini, pilihlah pengaduk yang berbahan kayu.
  • Penyaring
    Sebaiknya pilihlah penyaring yang halus atau rapat agar dihasilkan yoghurt yang benar-benar lembut.
  • Toples
    Pilihlah toples dengan kapasitas kurang lebih 1 liter. Kemudian bersihkan toples dengan cara membilasnya dengan menggunakan air mendidih. Tindakan ini dilakukan untuk membuat toples benar-benar steril. Selanjutnya tutup toples rapat-rapat agar tetap terjaga kebersihannya.
    Bahan untuk membuat yoghurt yang perlu dipersiapkan meliputi:
  • Starter yoghurt atau bibit yoghurt sebanyak 100 ml. Starter yoghurt atau bibit yoghurt ini bisa diperoleh dari laboratorium mikrobiologi pangan ataupun di toko-toko penyedia bahan-bahan pembuat makanan.
  • Susu sapi segar atau susu sapi dalam kemasan kurang lebih 1 liter. Kualitas susu sapi dalam pembuatan yoghurt juga mempengaruhi kualitas yoghurt yang dihasilkan. Kualitas susu sapi yang baik tentu akan menghasilkan yoghurt yang berkualitas pula.
  • Gula atau pemanis alami lainnya secukupnya.

Langkah Sederhana Membuat Yoghurt Sendiri

Bila semua alat dan bahan membuat yoghurt telah dipersiapkan, selanjutnya ikutilah langkah-langkah sederhana berikut ini.

  1. Masukan susu ke dalam panci.
  2. Nyalakan kompor untuk memanaskan susu. Aduk susu di dalam panci terus menerus sampai susu benar-benar mendidih selama 15 hingga 30 menit. Bila memiliki termometer, suhu susu dalam panci bisa dipantau. Pada saat memanaskan susu ini, suhu ideal yang dibutuhkan sekitar 900C.
  3. Pindahkan susu yang telah mendidih ke dalam toples lalu tutup rapat.
  4. Jika suhu susu sudah menurun (hangat) dengan suhu sekitar 400C, masukkan starter yoghurt atau bibit yoghurt. Pada langkah ini, tidak perlu dilakukan pengadukan lagi. Tutup toples rapat-rapat setelah starter yoghurt atau bibit yoghurt dimasukkan.
  5. Biarkan susu berada di dalam toples selama sekitar 24 jam atau 48 jam agar terjadi fermentasi.
    Bila masa fermentasi telah dilalui, selanjutnya susu sapi tersebut telah berubah menjadi yoghurt yang siap dikonsumsi. Untuk menikmati yoghurt ini, saring terlebih dahulu yoghurt dengan saringan halus. Lalu tambahkan dengan gula atau pemanis secukupnya. Sebagai variasi penyajian, tambahkan pula potongan buah-buahan segar.

Nah, itulah alat dan bahan membuat yoghurt serta langkah-langkah singkat pembuatan yoghurt yang bisa diikuti dengan mudah.

Loading...
Selanjutnya : Tip Menata Lemari Dapur
Sebelumnya: Letak Lapisan Humus pada Tanah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar