Memilih Tanaman yang Cocok untuk Jenis Tanah Alluvial


Salah satu jenis tanah yang bersifat subur adalah jenis tanah alluvial. Dalam tanah alluvial terdapat mineral yang baik untuk kesuburan tanah. Namun, tidak semua tanah alluvial memiliki sifat subur. Kesuburan itu dibawa oleh material yang dibentuk tanah alluvial tersebut. Tanaman yang cocok untuk jenis tanah alluvial jenis ini adalah segala macam tanaman baik sayuran maupun buah-buahan.

Tanah Alluvial

Tanah alluvial merupakan tanah yang berasal dari endapan tanah atau pasir sungai. Tanah ini pada umumnya berada di sepanjang pinggiran sungai. Salah satu contoh tanah alluvial yang subur adalah tanah yang ada di pinggiran sungai Bengawan Solo. Tanah ini subur karena terkena material gunung merapi yang menyuburkan.

Tanah yang subur tetunya sangat memengaruhi hasil produksi. Tanah subur juga membuat petani tidak membutuhkan pupuk untuk menggemburkan tanah. Pupuk alami inilah yang akan menjamin kualitas produksi pertanian dan perkebunan ini.

Kandungan yang terdapat dalam jenis tanah ini adalah karbon dioksida dan fosfor yang mudah dilarutkan sitrat. Tanah ini juga mudah menyerap air jadi sangat cocok untuk bercocok tanam. Meski demikian, tanah alluvia sangat mudah terkena erosi.

Sebenarnya jenis tanah ini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Akan tetapi, tidak semuanya subur. Tampaknya penduduk telah dapat memanfaatkan tanah ini dengan baik dengan menjadikannya pusat-pusat pertanian dan perkebunan kelapa. Bahkan tidak hanya itu, tanah alluvial sangat cocok digunakan sebagai perikanan. Sifat subur yang dibawa memang berguna tidak hanya untuk tanaman tetapi juga hewan. Akan tetapi, manusia tidak dapat terus menerus tergantung pada keberadaan tanah.

Banyak teknik penanaman yang dapat dilakukan untuk mengatasi keterbatasan lahan subur. Di Singapura telah lama dikembangkan menanam tanaman dengan media batu. Hal ini dilakukan karena wilayah Singapura yang begitu kecil sehingga mustahil digunakan untuk sektor pertanian konvensional.

Di Indonesia juga banyak cara lain yang bisa dipraktikkan untuk bercocok tanam yaitu dengan metode hidroponik atau aeroponik. Kedua metode di atas tidak membutuhkan media tanah. Petani cukup memberi mineral tertentu untuk menjaga kesuburan tanaman.

Belum banyak memang orang yang memanfaatkan metode ini. Masyarakat cenderung masih mencari-cari tanaman yang cocok untuk jenis tanah alluvial yang tidak terlalu subur agar dapat dimanfaatkan layaknya alluvial subur.

Selanjutnya : Cara Menulis Daftar Pustaka Alamat Web dengan Benar
Sebelumnya: Jenis Lembaga Keuangan Non Bank di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar