Mempelajari Isi Kitab Amsal


Kitab Amsal merupakan kitab yang ada di dalam Alkitab agama Kristen. Kitab Amsal berisikan kumpulan dari ucapan singkat dan nasihat tentang perilaku yang mendidik untuk orang muda. Amsal merupakan singkatan dari kalimat misyle syelomoh atau amsal-amsal Salomo.

Alkitab terdiri dari dua bagian, yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Penandanya adalah Perjanjian Baru berkisah tentang perjalanan hidup Yesus. Kitab Amsal berada di Perjanjian Lama, masa sebelum Yesus lahir.

Kitab AmsalĀ 

Kitab Amsal terdiri dari kumpulan tulisan yang terdiri dari aneka ragam gaya yang berbeda. Perbedaan ini menggambarkan ruang lingkup yang luas dari masyal. Masyal diperkirakan merupakan sebuah akar dari kata yang berarti menyerupai atau membandingkan. Diperkirakan awalan katanya adalah perbandingan. Sebagai contoh:

Kitab Amsal yang berisikan ucapan berbentuk nasihat ini diduga berasal dari Salomo. Tulisan di dalamnya berbentuk puisi yang artinya disusun dengan teratur.

Kitab Amsal di Indonesia pada umumnya mengikuti urutan seperti urutan pada teks Masoret. Ada juga Alkitab Ibrani yang diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani yang disebut juga Septuaginta. Alkitab ini berasal dari abad ke-3 SM dengan urutan yang sedikit beda di dalamnya.

Kitab Amsal ditulis oleh beberapa tokoh namun penulis Amsal terbanyak yaitu Raja Salomo. Penulis Amsal yang lainnya ialah ibunda dari Raja Lemuel dan Agur. Tujuan kitab Amsal dibuat adalah agar para anggota kelompoknya bisa memahami isi dari seluruh kitab Amsal yang mengajarkan tentang asas-asas dari kehidupan. Asas kehidupan yang harus dijalani dengan hikmat serta penuh rasa takut pada Tuhan. Kitab Amsal berisikan 31 pasal. Isinya berupa pelajaran-pelajaran yang diharapkan dapat mendorong para pembacanya untuk melaksanakannya.

Misalnya pada kitab Amsal pasal 30-31. Yaitu Amsal Agur bin Yake dan Ibu Raja Lemuel. Kitab Amsal tersebut membahas tentang ajaran hidup dan doa. Juga membahas mengenai tabiat-tabiat yang baik buat seorang istri yang baik.

Berikut terdapat beberapa contoh isi di dalam Amsal, yaitu:

perempuan

Demikian sekilas informasi mengenai Kitab Amsal. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua.

Selanjutnya : Nyi Roro Kidul; Penampakann Makhluk Mitos
Sebelumnya: Contoh Perjanjian Internasional di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar