Mempelajari Persamaan Bernoulli


Persamaan Bernoulli merupakan prisnsip yang berhubungan dengan fluida. Persamaan ini ditemukan oleh ilmuwan yang bernama Daniel Bernoulli, berasal dari Belanda.

Pengertian prinsip Bernoulli adalah suatu aliran fluida  penurunan tekanan akan menyebabkan kecepatan fluida meningkat. Suatu titik pada aliran tertutup akan memiliki jumlah energi yang sama besarnya dengan titik lain pada jalur aliran yang sama.

Terdapat dua bentuk persamaan Bernoulli yang sudah disederhanakan, yaitu berlaku pada aliran tak termampatkan (incompressible low) dan aliran termampatkan (compressible low). Pertama akan kita bahas aliran tak termampatkan.

Aliran tak termampatkan adalah aliran yang pekat. Aliran ini memiliki kekentalan tertentu berdasarkan sifat-sifat fluidanya. Pada persamaan Bernoulli aliran fluida tidak mengubah jumlah besar kerapatan masanya dari awal fluida tersebut mengalir hingga akhir. Fluida yang tak termampatkan adalah air, emulsi, berbagai jenis minyak, dan lain-lain.

Fluida yang mengalir dalam suatu aliran, dapat dihitung menggunakan prinsip Bernoulli. Berikut ini adalah bentuk persamaan Bernoulli:

Keterangan:
v = kecepatan fluida
g = percepatan gravitasi pada bumi
p = tekanan fluida
ρ = kerapatan massa fluida (densitas)
h = ketinggian
Persamaan Bernoulli dapat disebutkan dengan rumus lain sebagai berikut:

Bahasan yang kedua adalah aliran termampatkan (compressible low).  Aliran termampatkan merupakan aliran fluida yang bisa dimampatkan dan massa kerapatannya dapat berubah. Karena dimampatkan, maka volume juga bisa berubah. Gas alam dan udara digolongkan dalam jenis aliran ini.

Berikut ini adalah persamaan untuk aliran yang termampatkan:

Keterangan:
v = kecepatan fluida
w = entalpi fluida per satuan masa
Ф = energy potensial gravitasi tiap satuan massa

Dari beberapa ulasan di atas, hukum Bernoulli tidak hanya berlaku untuk benda cair saja. Hukum Bernoulli juga berlaku untuk benada yang bersifat gas. Dengan adanya hukum Bernoulli memeudahkan untuk mempelajari sistem fluida dalam pelajaran fisika, termodinamika, dan hidrolik.

Hukum Bernoulli memudahkan untuk mendesain suatu sistem pengairan atau pun sistem pengaliran pada industri-industri. Manusia menjadi terbantu dengan adanya hukum Bernoulli.

Selanjutnya : Penyebab-penyebab Batuk Darah dan Penanganannya
Sebelumnya: Cara Paket Warnet dengan Im2 Indosat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar