Cara Mudah Memperbaiki TV yang Rusak


Apakah Anda mengetahui cara memperbaiki TV yang rusak? Menonton televisi merupakan salah satu sarana untuk menghilangkan stres terutama setelah kita lama beraktivitas, namun ketika TV rusak tentu merupakan hal yang paling mengesalkan. Memperbaiki televisi yang rusak pun membutuhkan keahlian karena tidak semua orang bisa melakukannya.

Fungsi Televisi

Salah satu media massa yang banyak diminati masyarakat adalah televisi,karena kita bisa melihat dan mendengar suara secara bersamaan, bahkan dengan melihat televisi kita bisa mendapatkan informasi aktual dan sarana hiburan baik untuk anak maupun orang tua.

Merek-merek televisi yang beredar saat ini adalah Philips, Panasonic, Toshiba, Lc, Samsung, Sony, Sharp, Goldstar, Hitachi, Mitsubishi, Polytron, Sumo, Detron, dan masih banyak lagi. Sedangkan bagian-bagian televisi terdiri dari layar, tombol volume, tombol chanel, tombol menu, tombol AV.

Kerusakan-kerusakan yang bisa saja terjadi pada televisidiantarannya adalah tidak berfungsinya defleksi vertical, putus salah satu kumparan vertical, gambar terlihat setengah.Salah satunya masalah kerusakan TV yang kadang timbul adalah TVbisa kita nyalakan tetapi tidak ada gambar.

Cara Memperbaiki TV

Misalnya jika ada garis tengah yang muncul pada layar TV dan bentuknya vertical maka kerusakan ini disebabkan adanya kerusakan pada IC vertikal dan osilator, jadi cara memperbaikinya dengan memulai memeriksa ic vertical.

Pada dinding pendingin (alumunium) umumnya Ic vertical menempel. Untuk lebih memudahkan pencarian, coba lihat jumlah kakinya.Umumnya terdiri dari 7 atau 8 pin. Namun untuk TV buatan cina bisaanya menggunakan 7840 atau 78040. Solderan pun bisa berpengaruh ketika sudah retak atau kurang pas yang bisa dikarenkan terlalu panas ada adanya getaran pada PCB TV.

Ic osilator pun bisa berpengaruh setelah dicek, coba kita solder kembali karena seiring waktu bisa juga ala-alat ini karena panas menjadi longgar,namun jika sudah rusak lebih baik diganti saja. Sekarang coba dilihat apakah sudah ada tegangan sambil diperiksa resistor atau diodanya.

Tengangan normal adalah 12 volt kemudian coba ganti elco umumnya 470 uf/35v, 220uf/35v, 100uf/35v. Biasanya setelah semua dicek dan diganti tetapi gambar masih tidak ada, coba ganti osilatornya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara memperbaiki TV yang rusak. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Gambar dan Nama Tokoh Perumus Dasar Negara Indonesia
Sebelumnya: Dampak Flora dan Fauna Pembantaian Orang Utan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar