Solusi Jika Tak Bisa Lagi Bisa Mempercayai Teman

Mempercayai teman dalam setiap hal bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan bagi sebagian orang. Alasannya tentu sangat beragam, misalnya saja pengalaman masa lalu yang dikhianati oleh teman dekat. Lantas apa yang harus dilakukan jika tidak bisa lagi mempercayai orang lain sebagai teman untuk berbagi cerita?

Menuliskannya

Tak punya teman untuk berbagi curahan hati dan tak lagi memiliki teman yang bisa dipercayai memang cukup menyedihkan. Tetapi sesungguhnya ada cara yang bisa ditempuh untuk meluapkan isi hati jika memang sudah tidak ada lagi teman yang bisa dipercaya.

Cobalah untuk mengungkapkan isi hati dengan cara menuliskannya. Menulis merupakan sebuah terapi diri yang memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meredakan stress
    Banyaknya permasalahan yang dipendam di dalam hati dan pikiran tentu lama kelamaan akan membuat stress. Untuk itu, cobalah menuliskan satu per satu masalah yang sedang dihadapi saat ini. Ungkapkan seluruh perasaan berkaitan dengan masalah tersebut, termasuk kekecewaan, penyelesaian yang diharapkan, dan bantuan yang dibutuhkan.
  • Membantu mengevaluasi diri
    Dengan menuliskan setiap masalah yang dihadapi, maka secara tidak langsung penulisnya diajak untuk berkompromi dengan masalah itu sendiri. Beberapa hari setelah menuliskannya, cobalah untuk membacanya ulang. Dengan cara ini penulis telah mengevaluasi pandangan dirinya terhadap masalah yang sedang dihadapi.
  • Menghindari kesalahan yang sama
    Tulisan yang dibuat juga berfungsi sebagai pengingat agar tidak melakukan kesalahan yang sama suatu saat kelak. Bila perlu, berilah warna atau highlight untuk perkara-perkara penting yang benar-benar harus dihindari agar jangan sampai terjadi lagi.

Tipe Orang yang Sebaiknya Dihindari

Tidak bisa lagi mempercayai teman akibat trauma dikhianati memang cukup sulit untuk dipulihkan. Tetapi hendaknya cobalah untuk berpikir positif. Sebab tidak semua orang akan melakukan hal yang sama. Secara perlahan-lahan temukan lagi teman-teman baru yang bisa dipercaya. Beberapa tipe orang yang sebaiknya dihindari untuk menjadi sahabat dekat agar tak terluka lagi antara lain:

  • Orang yang gemar bergosip
    Jika seseorang gemar menceritakan mengenai orang lain kepada Anda, bukan tidak mungkin kelak ia akan menceritakan pula mengenai masalah Anda kepada orang lain.
  • Orang yang suka mengeluh
    Bila seseorang mengeluh tentang banyak hal termasuk hal-hal yang kecil, maka bukan tidak mungkin kelak ia akan mengeluhkan Anda yang sering mencurahkan isi hati kepadanya.
  • Orang yang sering mengkritik orang lain
    Ada pula tipe orang yang suka sekali mengkritik kekurangan orang lain. Sebaiknya waspadai orang-orang seperti ini sebab bisa jadi kelak ia akan mengkritik kebiasaan Anda berbagi cerita kepada orang-orang lain.

Nah, itulah solusi untuk orang yang tidak mempercayai teman dan beberapa hal yang perlu diwaspadai jika ingin membuka jalinan pertemanan lagi. Semoga bisa membantu!

Loading...
Selanjutnya : Tempat dan Enzim yang Dibutuhkan untuk Pencernaan Karbohidrat
Sebelumnya: Beberapa Tips dan Teknik Menulis Cerpen
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar