Bagaimana Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris?


Ingin Belajar Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, artinya bahasa ini digunakan oleh semua orang di dunia untuk saling berkomunikasi.

Bagi kita, orang Indonesia, bicara dalam bahasa Inggris mungkin cukup sulit. Jangankan bicara panjang lebar menceritakan sesuatu, terkadang memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saja kita masih kebingungan.

Pada zaman sekarang, pelajaran bahasa Inggris sudah mulai dipelajari di sekolah-sekolah tingkat dasar. Hal ini bertujuan agar kelak mereka tidak akan kesulitan ketika berbicara bahasa Inggris setelah dewasa.

Dalam tahap awal, siswa tidak hanya akan dikenalkan dengan kata-kata bahasa Inggris yang sudah umum, namun juga kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa kalimat yang biasanya dipergunakan untuk menyapa seseorang sekaligus awal dari perkenalan. Berikut ini adalah contoh kalimat yang sudah umum untuk mengawali perkenalan:

Hello, my name is Juwita Putri (Halo, nama saya Juwita Putri)

Bila Anda ingin memperkenalkan diri dengan kalimat yang lebih panjang, maka Anda tak hanya menyebutkan nama, tapi juga termasuk hal-hal lain yang berkaitan dengan diri Anda.

Contoh:

Good morning, friends. I’d like to introduce my self, my name is Susilawati, but you can call me Susi or Wati. I am 16 (sixteen) years old and I am student at 10th grade of senior high school.

I was born in Bandung and now I live in Jakarta with my parents and sister. My hobby is playing guitar.

Artinya:

Selamat pagi, teman-teman, aku akan memperkenalkan diri, namaku Susilawati, tapi kalian bisa memanggilku Susi atau Wati. Aku berusia 16 tahun dan aku adalah pelajar kelas 10 SMA.

Aku lahir di Bandung dan sekarang aku tinggal di Jakarta bersama orang tua dan kakak perempuanku. Hobiku adalah bermain gitar.

Itu adalah contoh bagaimana caranya memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris ke hadapan banyak orang. Kalimat-kalimat tersebut tentu bisa Anda kembangkan sendiri sesuai dengan keinginan Anda.

Sekarang bahasa Inggris sangat penting, terutama bagi mereka yang hendak melamar pekerjaan di perusahaan asing. Jadi, memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris juga wajib dikuasai.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda, dan jangan lupa untuk selalu mempraktekkan bahasa Inggris secara langsung. Selain bisa membuat bicara lebih lancar, rasa percaya diri juga akan meningkat.

Selanjutnya : Kuliner Sekitar Tegal yang Sangat Khas
Sebelumnya: Tokoh Wayang Beserta Cerita Sebagai Kesenian Tradisional Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar