Memulai Usaha Kue Rumahan


Memulai usaha adalah sebuah langkah awal yang terbilang cukup bagus. Apalagi usaha kue rumahan yang oleh banyak orang jarang sekali untuk dilirik. Namun, usaha ini akan mengalami banyak sekali saingan manakala menjelang hari raya seperti Hari Raya Idul Fitri.

Di saat yang seperti itulah usaha ini tidak bisa dilihat dengan sebelah mata. Pesanan akan banyak sekali bahkan membudlak memang ketika sudah menjelang hari raya. Hal itu sudah menjadi kebiasaan di masyarakat di negeri ini bahwa ketika tiba hari raya, maka makanan ringan pun harus ada di depan meja.

Peluang Usaha Membuat Kue

Kebiasaan menghidangkan kue yang dilakukan oleh setiap orang ketika hari raya memang dimanfaatkan dengan begitu baik oleh sebagian orang. Setiap orang akan serasa berbondong-bondong mendirikan industri rumahan secara dadakan.

Meskipun usaha kue ini seperti sebuah usaha dadakan yang hanya ramai di musim hari raya saja, tetapi bagi mereka yang mampu melihat peluang, maka usaha ini bisa dibilang menjanjikan. Kenapa bisa demikian? Karena kebiasaan masyarakat yang suka dengan makanan ringan cukuplah tinggi.

Dengan kebiasaan yang sudah sangat mendukung usaha ini, maka sudah sebaiknya kita mampu menangkap peluang yang ada tersebut. Memang untuk memulai sebuah usaha diperlukan sebuah keberanian yang cukup luar biasa karena biasanya seseorang akan dibayangi rasa kegagalan yang cukup tinggi.

Ketakutan akan kegagalan memang akan selalu ada. Namun, kita harus bisa menyiasatinya dengan melakukan sebuah penelitian terlebih dahulu. Kita harus bisa melihat peluang pasar yang ada serta konsumsi masyarakat terhadap kue apa yang paling banyak disukai.

Dengan berdasarkan penelitian tersebut barulah kita bisa memulai usaha ini. Untuk proses pemasaran kita bisa memulai dengan lingkup yang kecil, seperti kumpulan ibu-ibu pkk lalu ke toko-toko yang terdekat.

Jika ternyata kue yang kita buat memang layak atau enak di lidah mereka, maka bisa dipastikan bahwa mereka akan pesan kembali. Namun, perlu diingat bahwa harga juga menentukan daya beli dari konsumen. Ini juga patut menjadi pertimbangan dalam memulai usaha kue rumahan ini.

Selanjutnya : Mengenal Alat Pemanas Air
Sebelumnya: Makalah Operasional PT Dua Kelinci
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar