Bagaimana Cara Memusatkan Pikiran Supaya Fokus Berkonsentrasi


Ada banyak cara untuk berlatih memusatkan pikiran. Bila dilakukan dengan sungguh-sungguh akan tercapai konsentrasi yang baik dan bila kita hanya melakukan dengan setengah-setengah, hanya kegagalan yang dicapai. Lakukan beberapa tahap latihan untuk mengembangkan potensi konsentrasi pikiran, yang lebih terpusat.

Mengunakan Kertas Bergambar

Lakukan latihan di tempat yang tenang dan sepi. Usahakan tidak akan mendapatkan gangguan dari pihak luar, jangan juga terpengaruh oleh pihak luar yang akan menganggu konsentrasi kita. Lebih baik lagi bila dilakukan dalam kamar atau ruangan yang tertutup. Setelah selesai melakukan persiapan, kita mulai dari langkah pertama.

Sediakan media gambar dengan dua warna, bisa berupa binatang atau benda. Setelah itu letakan gambar tersebut di depan Anda, kemudian rilekskan semua sendi syaraf dan tenangkan pikiran.

Rekam bentuk gambar yang ada di depan kita, amati satu persatu detailnya. Lakukan berulang kali hingga kita merasa ingat betul detailnya. Setelah itu tutup gambar tersebut kemudian Anda berbaring. Setelah itu ingatlah kembali bentuk detail dari gambar yang kita lihat sebelumnya.

Setelah tahap pertama berhasil, dalam merangkai ingatan tentang bentuk detail gambar tersebut. kita mulai tahap kedua. Sediakan gambar dengan banyak warna, bukan hanya warna hitam dan putih. Media yang kita gunakan dapat berupa foto atau lukisan. Kemudian letakkan gambar tersebut dengan jarak sekitar 50 cm.

Amati dengan seksama gambar tersebut hingga detailnya. Lakukan berkali-kali hingga kita ingat betul detail dalam gambar tersebut. Setelah merasa mampu mengingatnya, kita jauhkan jaraknya sekitar 75 cm. Setelah merasa yakin mampu mengingatnya. Kita tutup foto tersebut dan pejamkan mata, lalu mulai bayangakan semua yang ada dalam gambar tersebut hingga detailnya.

Setelah itu lakukan tahap yang terakhir. Buatlah bulatan kecil pada kertas dengan warna hitam. Letakan kertas tersebut dengan jarak sekitar 75 cm. kemudian pandang bulatan tersebut dengan seksama. Kemungkinan mata kita akan mengelaurkan air karena terasa pedih. Tapi tidak apa-apa, lakukan berulang kali hingga terbiasa.

Apabila semua latihan tersebut berjalan dengan mulus, maka usaha yang kita lakukan bisa dikatakan berhasil. Bila masih dirasa kurang, lakukan latihan tersebut berulang-ulang hingga terbiasa. Cepat atau lambat, usaha memusatkan pikiran Anda akan berhasil dengan sukses.

Selanjutnya : Pendapat Ulama Mengenai Kelakuan Tingkah Laku yang Terpuji
Sebelumnya: Manfaat Buah Zaitun
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar