Cara Menanam Bawang Merah di Polybag


Menanam bawang merah sejatinya cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Bawang merah bukanlah komoditi yang asing bagi kita karena kerap digunakan sebagai bumbu berbagai masakan Indonesia. Meski bagian daunnya juga sering dipakai, namun yang paling banyak digunakan adalah bagian umbinya.

Tanaman ini cukup banyak dibudidayakan di Indonesia, bahkan Indonesia disebut–sebut sebagai salah satu penghasil bawang merah terbesar di dunia. Sayangnya, sering ketersediaan bawang merah di pasaran masih tergantung cuaca yang membuat harganya sering naik secara tidak terkendali. Padahal, bawang merah termasuk tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun rendah.

Sejatinya, semua orang dapat menanam bawang merah di pekarangan mereka sendiri, meskipun hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Media yang dapat digunakan adalah polybag. Berikut adalah cara membudidayakan bawang merah dalam polybag yang dapat dilakukan di rumah.

Bahan yang Perlu Disiapkan:

  • Tanah gembur yang berfungsi untuk mengikat unsur hara.
  • Pupuk kompos yang berfungsi sebagai suplemen.
  • Sekam yang berguna untuk mengikat air ketika disiram.
  • Polybag diameter 30 cm sebagai media tanam.
  • Bibit

Cara Menanam:

  1. Campur tanah gembur, kompos, serta sekam padi dengan perbandingan 1:1.
  2. Siapkan polybag kemudian isi dengan campuran tersebut.
  3. Pilih bibit bawang merah yang sudah benar–benar siap tanam atau tua kemudian potong bagian ujungnya untuk memicu pertumbuhan.
  4. Biarkan getahnya mengering untuk kemudian dimasukkan ke dalam lubang yang ada pada media tanam yang telah disiapkan tadi. Masukkan umbi bawang merah tersebut sesuai dengan tinggi bibit yang dimiliki.
  5. Untuk merawat bibit yang telah ditanam, kita harus melakukan pemupukan setelah bibit tersebut berusia sekitar 10 hari. Pupuk yang dapat digunakan adalah NPK. Satu sendok makan pupuk NPK dapat digunakan untuk 5 polybag. Pemupukan dilakukan dengan cara menaburkannya di sekeliling batang kemudian ditutup kembali dengan menggunakan tanah.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, kita harus memilih bibit yang benar–benar berkualitas. Ciri–ciri bibit bawang merah yang baik adalah yang masih terdapat daun serta sudah disimpan selama kurang lebih dua minggu. Ketika dipegang, bibit tersebut sudah tidak lagi terasa basah. Bibit tersebut bisa diperoleh sendiri dengan menyimpan umbi bawang merah atau membeli di toko pertanian.

Semoga tips menanam bawang merah di polybag ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Yayasan Orbit
Sebelumnya: Masakan Tradisional Maluku Utara yang Menggoyang Lidah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar