Cara Menanam Bawang Merah dalam Polybag


Harga bawang merah sempat menembus Rp.50.000,-  sampai Rp.75.000,- per kilogram. Ibu rumah tangga dan juga penjual makanan pasti pusing dibuatnya. Mahalnya harga bahan pokok dalam masakan Indonesia disebabkan permintaan pasar yang tidak diimbangi dengan hasil panen yang diperoleh petani bawang di Indonesia.

Bawang baik merah atau putih merupakan tanaman yang bisa tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Tidak ada salahnya kita mencoba menanam bawang merah di pekarangan rumah agar bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga.
Selain untuk menghemat biaya, menanam bawang di pekarangan rumah menggunakan polybag juga bisa mengurangi ketergantungan kita akan impor bawang.

Persiapan Menanam Bawang

Bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut.

• Tanah gembur.
• Kompos (kompos sampah rumah tangga atau kompos kotoran hewan).
• Sekam padi.
• Polybag dengan diameter 30 cm.
• Bibit bawang merah, pilih bibit yang bagus cirinya, biasanya masih ada daunnya dan sudah disimpan selama 2 minggu lebih dan sudah tidak basah ketika dipegang.

Sebelum kita mengetahui caranya, lebih baik kita tahu terlebih dahulu fungsi-fungsi bahan-bahan tersebut terhadap keberhasilan panen bawang skala rumah tangga. Bahan-bahan yang disebutkan di atas mempunyai fungsi yang saling mendukung, seperti tanah gembur yang mengandung koloid yang mampu mengikat unsur hara dengan baik.

Kemudian, sekam berguna untuk mengikat air yang kita siramkan ke tanaman di dalam tanah. Dan, kompos diibaratkan sebagai suplemen atau vitamin untuk memenuhi kebutuhan yang kemudian diuraikan menjadi hara.

Cara Menanam Bawang

Cara menanam bawang merah dalam polybag adalah sebagai berikut.

• Siapkan polybag dengan diameter 30 cm kemudian isi dengan campuran tanah, kompos sampah rumah tangga, dan sekam padi dengan perbandingan 1:1.

• Kemudian pilih bibit bawang merah yang sudah tua kemudian potong ujungnya (tujuannya agar memicu pertumbuhan).

• Biarkan getahnya kering lalu masukkan ke dalam lubang tanam. Cara menanam umbi bawang merah dengan memasukkannya ke dalam lubang yang telah dibuat sesuai dengan tinggi bibit yang kita punya.

• Untuk perawatannya, kita bisa lakukan dengan pemupukan setelah bawang merah berumur sekitar 10 hari. Beri pupuk npk, 1 sendok makan pupuk bisa digunakan untuk lima buah polybag. Pemberian pupuknya dengan cara menaburkan ke sekeliling batang kemudian tutup dengan tanah.

Selamat mencoba.

Selanjutnya : Bedanya Suleten dengan Cacar Air?
Sebelumnya: Beberapa Tanggapan Para Ilmuwan tentang Teori Darwin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar