Menanam Sayuran di Polybag


Bagaimana cara menanam sayuran di polybag? Siapa bilang menanam sayuran itu sulit? Menanam sayuran membutuhkan media tanam yang luas? Menanam sayuran sangat mudah meskipun tanpa media tanam yang luas sekalipun. Anda pasti bertanya, bagaimana mungkin?

Menanam Sayuran

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanam sayuran, salah satunya adalah menanam sayuran di polybag. Menanam sayuran dengan metode ini cukup mudah, murah, dan memiliki tingkat keberhasilan  cukup tinggi asalkan Anda mengetahui tips dan triknya.

Pada intinya menanam sayuran di media polybag tidak jauh beda dengan menanam sayuran pada media tanam lainnya. Tanaman sayuran harus disiram, dipupuk, dipelihara kesehatannya agar bisa tumbuh optimal.

Beberapa sayuran yang baik ditanam dengan polibag adalah cabe, terung, tomat, sawi, seledri, kangkung, dan lain sebagainya. Peralatan yang harus disiapkan sebelum memulai menanam sayuran adalah : polibag ukuran 1-4 kg (tergantung sayuran yang akan ditanam), sekop, cangkul, sprayer (alat semprot), kompos, dan lain sebagainya.

Langkah pertama menanam sayuran di media polybag adalah dengan memasukkan campuran tanah dan kompos atau pupuk kandang ke dalam polybag sebanyak 1/3 atau tidak terlalu penuh, karena penambahan tanah dan kompos akan dilakukan lagi setelah tanaman mulai besar.

Perbandingan isi tanah dan kompos yang dimasukkan dalam polybag adalah 1:1. Setelah polybag terisi tanah, kita bisa menyiramnya dengan pupuk cair yang dijual di toko pertanian, namun jika kesulitan mendapatkannya, Anda bisa menyiram tanaman dengan air sisa cucian beras, ikan, ayam maupun daging.

Untuk membuat pupuk cair sendiri cukup mudah dan murah, caranya adalahdengan mengumpulkan air sisa cucian beras, dan lauk-pauk yang sudah kita sebutkan tadi ke dalam ember plastik dengan ukuran 20 kg dan usahakan ember tersebut bisa tertutup rapat.

Tambahkan gula pasir sebanyak satu kilogram, dan juga satu liter air kelapa tua. Setelah tujuh hari kemudian, pupuk cair buatan tersebut bisa digunakan untuk menyiram tanaman sayuran.

Setelah media tanam dan pembuatan pupuk cair selesai selesai, Anda bisa merendam benih sayuran dengan air hangat selama kurang lebih 15 menit, setelah itu Anda bisa menanamnya ke dalam polybag. Tiga hari kemudian, Anda bisa melihat tanaman mulai tumbuh.

Agar terlindung dari panas dan hujan, serta gangguan binatang, Anda bisa melindungi tanaman dengan plastik/botol plastik bening hingga tanaman berumur 1 bulan.  Agar tumbuh subur, tanaman harus sering disiram dan disiangi. Nah, sekarang Anda sudah tahu jika menanam sayuran di polybag itu cukup mudah dan murah. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Mengenal Sastra Jawa Kuno
Sebelumnya: Tips Bisnis Garmen
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar