Cara Mencegah Agar Tidak Merokok


Merokok bisa dikatakan sebagai sebuah candu, orang yang sudah kecanduan untuk merokok, maka ia lebih memilih untuk tidak makan dan lebih memilih merokok.

Hingga orang yang sudah kecanduan akan tidak sadar jika ia sudah menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli rokok. Peringatan yang tertulis di bungkus rokok pun menjadi seperti angin lalu atau penghias bungkus rokok tanpa diperhatikan dan dipahami.

Para perokok aktif ini biasanya akan sadar jika rokok itu merugikan setelah berbagai penyakit menderanya, seperti kangker paru-paru, jantung, lemah syahwat, dan penyakit lainnya. Kemudian bagaimana cara mencegah agar tidak merokok?

Sebelum berbagai penyakit tersebut menyerang Anda atau ingin berhenti merokok, Anda bisa membaca cara mencegah untuk tidak merokok, yaitu sebagai berikut.

1. Niat

Niat adalah langkah awal sebelum Anda melakukan sesuatu. Perbaiki niat Anda jika ingin benar-benar berhenti merokok, terutama niat untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

2. Jalani Pelan-pelan

Mengerjakan sesuatu memang tidak bisa saat itu juga, tidak semudah membalik telapak tangan, seperti halnya dengan berhenti merokok. KBerhentilah merokok dengan pelan-pelan, tidak perlu terburu-buru.

Jika sebelumnya Anda menghabiskan satu bungkus rokok dalam satu hari, maka bisa Anda kurangi satu batang setiap hari hingga Anda bisa beradaptasi pelan-pelan untuk berhenti merokok.

3. Sediakan Permen atau Permen Karet

Bagi pecandu rokok, apabila tidak merokok, maka mulut akan terasa sepet atau masam, sehingga ingin terus merokok. Segera kunyah permen atau permen karet untuk mengalihkan perhatian Anda dari rokok, sehingga Anda akan dapat mengerem keinginan untuk merokok.

4. Konsultasi Dokter

Konsultasi kepada Dokter bagaimana cara menghentikan kecanduan merokok Anda, minta resep untuk mengurangi depresi, atau kurangnya konsentrasi karena Anda tidak merokok.

5. Dukungan Teman dan Keluarga

Anda harus meminta dukungan keluarga dan teman di lingkungan Anda. Jangan rahasiakan kalau Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok, sehingga keluarga atau teman Anda akan mengingatkan jika Anda kembali merokok.

Rokok memang terkadang membuat Anda lupa akan masalah yang sedang dihadapi, tapi tidak ada salahnya juga jika Anda mencegah agar tidak merokok demi kesehatan diri sendiri. Jika Anda sehat, tentunya akan membuat Anda bahagia, bukan? Selamat mencoba tips-tips di atas. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Macam-macam Masakan Padang Berkuah
Sebelumnya: Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar