Mencoba Cek Darah Untuk Mengetahui Alergi Pada Tubuh


Alergi pada tubuh bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Beberapa alergi yang biasanya menyerang tubuh diantaranya adalah alergi susu sapi, alergi pada kulit, alergi pada makanan, alergi pada obat dan lain-lain.

Untuk mengetahui alergi yang ada pada tubuh kita harus melakukan tes alergi yang bisa dilakukan di dokter spesialis. Cek darah untuk mengetahui alergi ini adalah salah satu tes alergi yang dijadikan sebuah proses. Selain cek darah, dalam tes alergi ini seseorang juga harus melakukan tes kulit.

Tes darah dalam tes alergi ini dilakukan untuk mencari zat dalam darah yang disebut dengan antibodi. Tes darah sering dilakukan pada orang yang tidak mampu melakukan tes kulit dengan alasan tertentu.

Tes darah alergi sering dilakukan karena pasien mengkonsumsi obat yang bisa menganggu tes kulit. Selain itu tes darah juga dilakukan karena pasien mempunyai penyakit kulit yang terbilang parah seperti eksim. Tes darah juga bisa dilakukan untuk bayi atau anak yang terbilang masih muda sekali pada jarum suntik tunggal daripada tes kulit.

Tes kulit biasanya dilakukan pada orang yang sudah dewasa. Ada tiga jenis tes kulit. Pertama adalah skin prick test, kedua adalah intradermal test dan yang terakhir adalah skin patch test.

Skin prick test ini dilakukan dengan cara memberikan setetes larutan pada kulit atau dengan menyuntikkan jarum pada kulit. Intradermal test hanya dilakukan dengan menyuntikkan solusi alergen atau setetes larutan dalam kulit dan tidak meneteskan langsung pada kulit.

Intradermal test ini lebih sensitif daripada uji tusuk kulit. Skin patch test ini adalah sebuah uji tempel kulit, alergen ditempelkan pada pad dan ditempelkan pada kulit selama kira-kira 24 sampai 72 jam. Tes ini dilakukan untuk mengetahui alergi dermatitis kontak.

Adanya tes kulit dan cek darah untuk mengetahui alergi dalam tubuh ini sebaiknya dilakukan sedini mungkin sebelum terlambat. Biasanya, jika kita terlambat, kulitlah yang akan merasakan akibat dari alergi itu yang biasanya ditandai dengan gatal-gatal, berwarna merah, bentol atau lain-lainnya. Jangan sampai terlambat demi kesehatan.

Selanjutnya : Kata Kepedihan Jalanan
Sebelumnya: Kerukunan Hidup Beragama di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar