Mencoba Resep Bikin Petis Udang

Mencoba resep bikin petis udang merupakan tantangan tersendiri. Petis merupakan kuliner pesisir yang banyak dijumpai di Semarang, Cirebon, Gresik,  Surabaya hingga ke Medan.

Bentuknya seperti pasta kental, warnanya hitam, rasanya enak bikin jadi ketagihan.
Bahan utama membuat petis adalah udang laut , terutama bagian kepala, kulit dan ekornya. Namun berbeda dengan petis Sidoarjo dan Gresik, di sana petis menggunakan kupang, semacam kerang laut.

Kuliner ini sebenarnya bentuk dari kearifan lokal masyarakat pesisir yang diberi kelimpahan sumber makanan laut. Mereka memanfaatkan bagian –bagian udang yang tak terpakai.

Dari pada dibuang percuma, kepala udang dan cangkang yang masih segar, diolah lagi menjadi sebuah produk baru yang lezat dan bernilai ekonomi.

Petis Penyedap Masakan

Petis dipakai sebagai cocolan tahu goreng, lumpia atau gorengan lainnya.  Petis juga dipakai sebagai seasoning / penyedap masakan saat membuat masakan khas Jawa Timuran. Misalnya lontong balap, rujak cingur dan pecel semanggi, tahu gimbal dan masih banyak lagi. Pada masakan Mandarin ada juga yang memakai petis untuk menambah rasa.

Resep Bikin Petis Udang

Seperti yang sudah sebutkan tadi, bahan utama petis adalah kepala dan cangkang udang laut, bukan dari udang lain. Karena rasanya jadi beda jika pakai udang sungai.  Berikut ini adalah cara memasak petis sendiri:

Bahan:

•    Kepala udang dan cangkang  250 gram
•    Bawang merah  lima siung
•    Bawang putih tiga siung
•    Kunyit  satu ruas
•    Sereh  satu ruas
•    Jahe satu ruas
•    Daun kunyit  dua helai
•    Garam  secukupnya
•    Air dua gelas.

Cara membuat:

Pertama kepala udang dan cangkang dicuci bersih. Kemudian diblender sampai halus. Setelah adonan cangkang udang sudah lembut, saring dengan air matang, seperti Anda menyaring santan kelapa.

Langkah selanjutnya haluskan semua bumbu, dan tumis dalam api kecil.  Setelah harum, tuangkan air perasan udang dalam bumbu. Masak hingga mengental,dan berwarna hitam.  Setelah matang,  dinginkan sebentar.  Setelah dingin simpan dalam tempat tertutup,seperti wadah plastic, toples dan sejenisnya.

Demikianlah sedikit tentang resep bikin petis udang. Selamat mencoba.

Loading...
Selanjutnya : Terjadinya Perpindahan Kalor pada Cerobong Asap
Sebelumnya: Tuts Piano
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar