Aturan Aturan Untuk Membangun Massa Otot Yang Ideal


Massa otot yang sesuai adalah sesuatu yang sering dicari-cari oleh seorang binaragawan sekalipun. Mencari hal itu sebenarnya itu sangat sederhana dan mudah, bila Anda menggunakan steroid namun tentu saja hal itu mempunyai banyak efek samping yang berpengaruh untuk tubuh Anda.

Salah satu cara yang tepat untuk melakukannya adalah  Anda haruslah memilliki disiplin untuk melakukan latihan yang Anda lakukan.  Namun untuk mendapatkan massa otot yang optimal untuk Anda, berikut kami sajikan beberapa aturan-aturan yang dapat Anda lakukan untuk membangun massa tubuh Anda secara optimal:

1. Gunakan Beban Bebas Untuk  Semua Set Berat

Dada Anda  mungkin merasa benar-benar akan dipompa saat menggunakan mesin smith, dengan menambahkan berat yang sesuai yakni menggunakan dumbell.   Dumbell akan membuat otot-otot pendukung Anda bekerja dengan sangat baik dan akan membangun masa otot dengan baik.  Semakin banyak variasi gerakan yang dapat Anda lakukan (dengan menggunakan dumbell) akan semakin meningkatkan jumlah otot dalam latihan, sehingga hasil yang didapatkan akan lebih optimal.

2. Memanfaatkan Gerakan Gabungan

Ingat bahwa tujuan latihan Anda adalah untuk meningkatkan ukuran setiap jaringan otot yang Anda miliki sehingga massa otot tubuh akan semakin meningkat. Kebanyakan petih percaya bahwa cara terbaik untuk mendapatkan otot-otot secara optimal untuk setiap bagian tubuh adalah dengan pemisahan otot, yang dapat dilakukan dengan latihan gabungan ataupun melakukan latihan untuk melatih bagian-bagian otot tertentu. Karena pada dasarnya bahwa setiap otot memiliki metode ataupun cara yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang optimal.  Menurut Chris Cormier  cara terbaik untuk mendapatkan massa otot adalah dengan memberikan mereka banyak ruang dengan pemisahan latihan yang dilakukan.

3. Temukan Area Perbaikan Pada Tubuh Anda.

Menilai tubuh Anda untuk menentukan bagian otot mana saja yang perlu dibesarkan oleh Anda. Setelah Anda menentukan bagian mana yang akan Anda besarkan, langkah selanjutnya adalah dengan pergi ke gym sesuai dengan rencana yang telah direncanakan tadi. Fokuslah pada bagian yang akan Anda latih untuk pertama kali. Orang-orang selalu memiliki beberapa bagian tubuh yang baik, sehingga fokus pada bagian-bagian otot yang kurang berkembang.

4. Melakukan Percobaan Untuk Mendapatkan Latihan yang Sesuai Untuk Anda

Dengan pengalaman, Anda kan belajar untuk menentukan latihan yang bekerja dengan baik pada bagian-bagian otot Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin Membangun otot Anda, Cobalah melakukan latihan yang berbeda dan melihat latihan mana yang terbaik untuk melatih massa otot Anda. Sekali lagi, lakukanlah penekanan gerak dengan menggunakan dumbell dan beban berat lainnya karena kedua cara ini merupakan latihan yang terbaik untuk membentuk massa otot Anda.

5. Hindari Cidera

Kombinasi latihan yang intens dan beban berat yang sering Anda pakai dalam latihan tentu saja akan menimbulkan resiko cidera pada tubuh Anda.  Banyak karir binaragawan berakhir karena peck yang robek, tergelincir disk atau erectors tegang. Lakukanlah latihan dengan berhati-hati dan pastikan setiap akan melakukan latihan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Berlatihlah secara setahap bertahap saat meningkatkan massa  tubuh Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Memanfaatkan Peralatan yang Optimal

Cormier menyarankan untuk menggunakan berbagai peralatan maksimal adalah 16 sampai 20 set per bagian tubuh. Karena setiap bagian otot akan merasa kelelahan bila Anda memaksakan semua peralatan di gym untuk melatih tubuh Anda, dengan menentukan jumlah peralatan yang tepat yang dapat dipakai secara optimal, tentu saja akan memberikan manfaat dari latihan yang Anda  lakukan. Cobalah untuk tidak melatih lebih dari 2 bagian tubuh  dalam satu hari atau melakukan latihan yang terlalu berlebihan untuk tubuh Anda, hal itu malah akan menghambat pertumbuhan otot yang akan Anda latih.

7. Jangan Menghitung Jumlah Latihan

Tidak ada jumlah yang optimal untuk latihan. Kebanyakan binaragawan merekomendasiakn empat  hingga lima set latihan yang berbeda untuk setiap bagian tubuh.  Seperti disebutkan di atas, hal itu tergantung pada seberapa seriuskah Anda membangun  massa tubuh Anda.  Binaragawan profesional biasanya menggunakan suplemen untuk memberikan daya tahan yang lebih besar dan kekuatan untuk pertumbuhan otot mereka.

8. Lakukan Repetisi yang Optimal

Chris Cormier sangat menyukai melakukan latihan berat dan melakukan banyak pengulangan pada setiap latihan. Dia dapat mengangkat hingga 45 pon hingga sepuluh kali angkatan dan memandang hal itu sebagai rutinitas yang mudah dan ringan. Intinya adalah untuk dapat memompa otot-otot adalah dengan cara mengangkat beban hingga benar-benar Anda tidak sanggup mengangkat berat tersebut satu inci pun.

9. Mengetahui Berat Maksimal yang Dapat Anda Lakukan

Periksa tingkat kekuatan Anda setiap akan melakukan latihan dengan memaksimalkan satu atau dua repetisi setiap latihan.  Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat maksimum berapa pon otot Anda dapat bertahan untuk setiap angkatan yang dilakukan, sehingga akan menghindari over trainning dan cidera yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Oleh karena itu, lakukanlah secara bertahap dengan meningkatkan berat sampai Anda hanya dapat melakukan satu repetisi. Misalnya, Ketika Anda mencoba untuk menggunakan bench press maksimum, maka mulailah dengan berat realistis dan secara bertahap meningkat sampai Anda tidak bisa lagi menambah berat yang lebih pada bench press.

10. Cobalah Selalu Mengkonsumsi Daging

Saat latihan, tentu saja Anda memerlukan protein untuk otot tubuh Anda. Agar masa tubuh Anda dapat tumbuh dengan baik konsumsi daging semakin banyak maka akan semakin baik. Sertakan daging merah tanpa lemak dalam diet harian Anda, karena banyak mengandung nutrisi yang sangat tepat untuk membuat otot-otot Anda tumbuh dengan baik. Hal ini sebenarnya sangatlah sederhan Anda hanya tinggal mengkombinasikan diet protein tinggi dengan latihan yang tepat, sehingga otot-otot Anda akan tumbuh  dengan baik seperti apa yang Anda impikan.

Banyak orang beranggapan bahwa memiliki badan  besar adalah hal yang sulit. Namun hal itu tidaklah benar,  yang diperlukan untuk membangun massa tubuh Anda adalah ketekunana Anda sendiri untuk memulai latihan yang dapat Anda lakukan. Beberapa aturan di atas semoga menjadi salah satu acuhan Anda untuk memiliki massa tubuh yang ideal sehingga akan meningkatkan rasa percaya diri pada kehidupan sehari-hari yang Anda lakukan.

Selanjutnya : Awas! Pertengkaran Jelang Pernikahan!
Sebelumnya: Aturan Gizi Untuk Mendapatkan Berat Tubuh Sesuai Impian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar