Mengetahui Proses Mendapatkan Anak Kembar

Mendapatkan anak kembar adalah anugrah yang luar biasa bagi orang tua pada umumnya. Kejadian agak langka ini hanya dialami oleh sebagian kecil orang tua saja. Karena pada umumnya seorang manusia hanya melahirkan satu anak ketika bersalin.

Mengapa dan bagaimana terjadinya anak kembar? Tentang kejadian yang agak langka ini para ahli ginekologi dunia (kandungan dan rahim) tidak pernah berhenti melakukan berbagai macam riset dan penelitian seolah ingin menemukan pengetahuan dan kepastiannya. Secara hakikatnya kejadian kehamilan ganda/kembar ( twin dalam bahasa Inggris ) adalah ketentuan Yang Maha Kuasa dan Perkasa yaitu Tuhan. Maka  belum ditemukan pengetahuan pasti tentang kejadian ini.

Namun untuk sementara, para ahli menyimpulkan bahwa kehamilan ganda disebabkan oleh faktor genetik orang tua khususnya ibu. Seorang ibu yang dulunya terlahir kembar atau memiliki kerabat yang kembar lebih besar kemungkinannya untuk bisa melahirkan bayi kembar pula dibandingkan dengan seorang ayah.

Disamping itu, faktor lain yang ikut menentukan kehamilan ganda ini. Dia antaranya faktor suku bangsa, usia ibu, paritas ( frekuensi melahirkan seorang ibu ), obat- obat perangsang ovulasi ( perangsang penyubur proses pembuahan sperma terhadap indung telur ).

Proses Terjadinya Jehamilan Ganda

Para ibu yang peernah mengalami kehamilan ganda mungkin tidak pernah menyangka sedikitpun akan memiliki janin lebih dari satu pada rahim yang dikandungnya. Padahal ketika sel telur yang dimilikinya telah matang dan siap dibuahi, tanpa disadari sperma yang bertugas membuahinya masuk membelah menjadi lebih dari satu sel sperma.

Hal ini disebabkan karena sperma yang membuahi itu sebelumnya telah mengalami tahap zygot. Beda halnya dengan yang tidak kembar, sperma yang menbuahi indung telur berjumlah satu saja karena tidak mengalami proses pembelahan.

Istilah-istilah Kelahiran Kembar

Apabila ditilik dari segi jumlah anak yang dilahirkan dengan kembar, maka bisa dibedakan ke dalam istilah-istilah sebagai berikut: kembar dua disebut  twoplet, Kembar tiga disebut triplet, kembar empat disebut quadruplet, kembar lima disebut quintriplet, dan kembar enam disebut sextuplet.

Perasaan campur aduk antara khawatir, takut, dan bahagia mungkin dirasakan oleh sebagian orang yang pernah mengalami kehamilan ganda ini. Namun anugrah maha indah itu bukan kita selaku manusia yang menentukan. Walaupun telah terdapat informasi lengkap seputar kehamlan ganda ini bahkan sampai proses mendapatkan anak kembar namun tetap keputusan ada pada Yang Maha Kuasa.

Loading...
Selanjutnya : Perawatan PC dan Peripheral
Sebelumnya: Perkembangbiakan Tumbuhan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar