Mendidik Anak Secara Islami Sejak Dini

Mendidik anak secara islami sejak dini sudah seharusnya diilakukan oleh para muslim. Pendidikan islami bisa membentuk anak mulia. Di zaman yang serba terbuka dan bebas seperti sekarang ini, banyak hal yang menjadi tantangan dan membawa pengaruh negatif yang harus dihindari. Dengan upaya dan pelaksanaan pendidikan secara islami di dalam keluarga harus lebih kuat pengaruhnya kepada anak.

Islam datang sebagai agama yang membawa manusia dalam kehidupan yang penuh dengan kebaikan dan akhlak yang luhur. Inilah yang menjadi tujuan risalah Nabi Muhammad SAW.

Mendidik anak secara islami adalah memberikan pendidikan dengan dasar agama dan pembentukan karakter kepribadian dengan cara Islam. Cara memberikan pendidikan Islam kepada anak-anak adalah mengajarkan apa yang sudah disyariatkan agama Islam untuk membentuk akhlak yang mulia, yaitu:

1.    Mengajarkan dan membiasakan anak shalat.

Terdapat banyak manfaat dari shalat seperti yang difirmankan oleh Allah SWT:
“Dan dirikanlah shalat sesungguhnya shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar” (QS 19:45).

2.    Mengajarkan anak untuk memberi zakat.

3.    Mengajarkan dan membiasakan anak untuk berpuasa.

4.    Mengajarkan anak membaca Al-Quran.

Oleh karenanya bagi orangtua harus mengetahui cara-cara dalam membentuk pola tingkah laku anak. Berikut adalah beberapa prinsip yang bisa dilakukan orangtua dalam mendidik anak secara islami.

Prinsip yang Harus Diajarkan Orangtua dalam Mendidik Anak Secara Islami

Beberapa prinsip yang harus dilakukan orangtua dalam mendidik anak secara islami sejak dini adalah:

1.    Beri contoh sikap dan perilaku yang baik kepada anak.

Anak-anak memiliki sikap yang kritis dan mempertanyakan banyak hal. Sebelum menyuruh anak melakukan sesuatu hal, beri contoh Anda pun melakukannya. Misalnya: orang tau menyuruh anaknya shalat, harus dibarengi dengan contoh yang baik bahwa orangtua pun melakukan shalat.

2.    Bercermin pada diri sendiri, artinya dengan melihat orang lain dengan menggunakan perspektif diri sendiri diharapkan dapat memahami kondisi dan pikiran anak.

3.    Arahkan pertanyaan dan jawaban dengan argumentasi yang logis.

4.    Cintai dan sayangi anak dengan tulus dan bersikap adil.

5.    Hargai dan dukung yang menjadi minat mereka. Hargai pendapat mereka.

6.    Beri kesempatan anak mengenal lingkungannya dan bermain denga kawan-kawannya.

7.    Memberi penjelasan dan pemahaman mengenai hak milik dirinya dan orang lain, beri pemahaman pula bagaimana menghargai hak milik orang lain.

Mendidik anak secara islami sejak dini, dapat menjalin hubungan yang erat antara orangtua dan anak, juga dengan Allah SWT. Pendidikan yang islami dapat menjadikan anak di masa depan menjadi manusia yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti. Demikian pembahasan singkat mengenai cara mendidik anak dengan cara islam, semoga bermanfaat dan menjadi pilihan Anda untuk menerapkan pendidikan anak sejak dini.

Loading...
Selanjutnya : Ahli Sejarah Matematika
Sebelumnya: Film Radit dan Jani
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar