Hal Penting dalam Menerbitkan Buku Laku atau Menulis Produktif

Sebagai seorang penulis atau orang yang menggemari dunia penulisan, pasti Anda akan berharap dapat menerbitkan buku suatu hari. Naskah yang telah diterbitkan menjadi buku menjadi sebuah hal berharga bagi tiap penulis. Setelah buku pertama Anda terbit dan laku terkadang muncul pilihan baru, apakah Anda akan menerbitkan buku laku atau menulis produktif sesuai dengan passionAnda walau tidak sesuai selera pasar?

Menerbitkan buku yang laku di pasaran atau istilah bekennya best seller menjadi harapan bagi tiap penulis. Patokan sebuah buku disebut sebagai best seller berbeda di tiap penerbit. Sebuah penerbit bisa menyebutkan buku terbitannya best seller jika terjual di atas 1000 eksemplar per bulan untuk naskah fiksi, 500 eksemplar untuk karya non-fiksi, dan beberapa kategori lain yang berbeda-beda.

Penulis produktif adalah penulis yang mampu menerbitkan buku atau karya yang cukup banyak dalam rentang waktu satu hingga beberapa tahun. Penulis produktif terlihat tak pernah kehabisan energi dan ide karena ia tetap menghasilkan karya walau dalam rentang waktu yang cukup dekat.Agar Anda mampu menerbitkan atau menghasilkan buku yang laris di pasaran, Anda harus mengenali beberapa hal yang menjadi penghambatnya, yaitu sebagai berikut.

  • Anda kurang mempromosikan buku Anda.
  • Jaringan penerbit buku Anda tidak terlalu besar atau luas dan jumlah cetak yang minim.
  • Anda menulis buku dengan topik atau tema yang kurang menggugah dan familiar.
  • Cover buku yang tidak menarik dan judul yang kurang sesuai atau buku Anda mengandung isu SARA, dan lain sebagainya.

Menjadi penulis produktif juga dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda memiliki banyak ide untuk dituangkan. Semakin tinggi jam terbang kepenulisan Anda, maka Anda akan semakin matang dalam berkarya.

Cara menjadikan buku kita laris hanyalah satu tekad kuat dan kerja keras. Jangan hanya mengandalkan promosi penerbit, bahkan jika Anda menerbitkan sendiri atau self publishing, maka promosi gencar harus Anda lakukan mulai dari media jejaring sosial, komunitas, dan sebagainya.
Entah menerbitkan bukulaku atau tidak ada satu hal yang wajib Anda perhatikan, yaitu jagalah kualitas isi tulisan Anda.

Teruslah produktif dalam berkarya, namun jangan jadikan sebagai beban. Berkaryalah sesuai dengan kemampuan Anda dan teruslah menulis demi menuangkan ide yang bermanfaat bagi orang lain. Selamat berkarya.

Loading...
Selanjutnya : Puisi Modern dan Pencitraannya
Sebelumnya: Aplikasi Chat Java Terbaru
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar