Membuat Proposal Mengajukan Bantuan Modal Usaha


Mengajukan bantuan modal usaha kepada pihak lain untuk ketahanan usaha kita merupakan langkah praktis yang dilakukan semua usahawan. Mereka berusaha mempertahankan diri dari situasi sulit atau mengembangkan usahanya agar menjadi lebih besar. Hal ini sangat perlu sebab sebagai pengusaha, kehabisan modal adalah masalah klasik yang cukup mengancam.

Dalam kondisi ini lah, kita membutuhkan bantuan dana. Bantuan dana ini terutama untuk mengembangkan usaha kita. Dan, semua orang yang melakukan kegiatan usaha tidak terlepas dari bantuan dana dari pihak lain, dalam hal ini bank.

Meminjam pada Bank untuk Mengajukan Bantuan Modal Usaha

Bank memang memberikan bantuan kepada masyarakat. Bantuan ini diarahkan agar masyarakat dapat mengembangkan diri melalui kegiatan usaha. Berbagai ragam program bantuan dicanangkan oleh bank dengan harapan nasabahnya semakin meningkat.
Mereka tawarkan bantuan modal lunak, artinya pinjaman berbunga kecil. Dan, masyarakat sangat senang dengan tawaran tersebut. Tidak heran jika banyak usahawan yang selanjutnya mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan modalnya kepada pihak bank.

Oleh karena itu, jangan heran jika menemukan usahawan yang semakin besar usahanya. Semakin lama, usaha yang mereka lakukan mengisyaratkan bahwa mereka mencapai keberhasilan, misalnya memiliki toko yang semakin besar atau barang-barang dagangan yang semakin banyak, baik dari kuantitasnya maupun variasinya.

Kita memang tidak dapat mengandalkan usaha hanya dari modal pribadi atau hasil dari usaha yang kita lakukan. Pendapatan yang diperoleh dari penjualan seringkali masih belum cukup jika digunakan untuk menambah barang dagangan. Kalaupun dapat, penambahannya sangat minim. Oleh karena itu, mencari tambahan modal dengan memohon bantuan modal ke pihak lain, dalam hal ini bank perlu dilakukan.

Modal bantuan inilah yang selanjutnya digunakan untuk memperbesar usaha. Dan, seringkali dengan cara seperti ini, seseorang dapat mencapai keberhasilan dalam usaha ekonominya. Dengan modal yang didapatkan dari bank, mereka dapat membangun toko yang lebih besar atau menambah stok barang yang harus dijual.

Masalah dalam Pengajuan

Sementara itu, permasalahan yang seringkali menjadi hambatan adalah proposal pengajuan bantuan modal itu sendiri. Tidak semua orang dapat menyusun permohonan bantuan kepada bank. Oleh karena itu lah, mereka selalu minta tolong pada orang lain untuk membuat proposal permohonan bantuan tersebut.

Padahal, jika ditelaah lebih mendalam, proses pembuatan proposal permohonan bantuan dana tidak lah sulit. Proposal untuk mengajukan bantuan modal usaha sangat sederhana, Anda hanya perlu mencantumkan jenis usaha yang digeluti, berapa keuntungan dan kelebihan bisnis Anda.

Dalam proposal tersebut, sebagai pengusaha, Anda harus bisa meyakinkan pihak bank untuk menanamkan modalnya pada usaha yang tengah digeluti.

Selanjutnya : Contoh Hukuman dalam Permainan Sepak Bola
Sebelumnya: Mengapa Bangka Belitung Perkembangan Wisata Lambat?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar