Mengapa Allah Memberi Mukjizat Bagi Nabi dan Rasul?


Mengapa Allah memberi mukjizat bagi Nabi dan Rasul? Pada dasarnya, semua manusia diciptakan oleh Allah SWT dalam keadaan yang sempurna dari makhluk lainnya dan sangat suci. Diberikannya akal oleh Allah SWT agar manusia dapat menentukan pilihan di dunia menuju kebaikan ataukah keburukan.

Semua ilmu dunia dan akhirat telah diajarkan dalam bentuk yang sangat manusiawi atau dikenal manusia dengan mudah, yaitu melalui seorang manusia pilihan juga, sama seperti manusia lain pada umumnya.

Manusia Pilihan

Dialah manusia pilihan ternama dan terutama para nabi dan rasul. Ada tingkat pengetahuan yang tidak dapat dicerna oleh akal dan dijangkau oleh pemikiran manusia biasa, hanya merekalah para nabi dan rasul yang diberikan keistimewaan oleh Allah SWT akan pengetahuan lebih tersebut. Salah satu pengetahuan yang luar biasa yang khusus langsung pemberian dari Allah SWT adalah mukjizat. Itulah salah satu sebab mengapa Allah SWT memberi mukjizat bagi nabi dan rasul.

Ciri-ciri Nabi dan Rasul

Nabi dan rasul sangat berbeda dengan manusia lain, para nabi dan rasul mempunyai kelebihan yang sangat menonjol dari manusia lain. Tingkat keamanatannya terhadap perintah Allah sangat kokoh (amanah) ; tingkat kejujurannya tidak dapat diragukan sama sekali, dalam perilaku dan perkataan selalu benar dan sejalan (siddiq) ; selalu memiliki sikap bijaksana terhadap sesama manusia dan makhluk Allah SWT (fathonah) ; dan yang terakhir tugasnya adalah menyampaikan wahyu atau perintah kebenaran dari Allah SWT kepada umatnya yaitu manusia lainnya (tabligh). Tanpa ke empat sifat wajib ini, mustahil seorang nabi dan rasul akan menjalankan tugas yang maha dahsyat langsung dari Tuhannya berupa ketaqwaan dan peribadatan.

Keistimewaan Nabi dan Rasul

Keutamaannya para nabi dan rasul membuat manusia pilihan ini sangat diistimewakan oleh Allah SWT. Dalam menghadapi cobaan hidup hanya para nabi dan rasul yang mampu menghadapi cobaan yang tidak pernah dibayangkan dan dipikirkan oleh seorang manusia, malaikat sekalipun.

Itulah sebabnya dalam menjalankan setiap perintah Allah para nabi dan rasul ini disertakan dengan satu atau dua kemuliaan yang melekat pada diri mereka, yaitu mukjizat. Keajaiban di luar nalar dan pemikiran manusia yang langsung didapatkan dari Tuhannya, yaitu Allah SWT.

Oleh sebab itu bukan manusia biasa yang mampu menyandang suatu mukjizat agung dari Allah SWT, hanya manusia yang terpilih dan sangat istimewa dihadapan Allah SWT sajalah yang berhak dan mampu menerimanya.

Itulah mengapa Allah member mukjizat bagi nabi dan rasul, karena hanya merekalah yang pantas menyandangnya dalam memberikan tuntunan kehidupan kepada manusia lainnya sebagai bekal di dunia dan kampung abadi akhirat.

Selanjutnya : Servis Mesin Cuci Sharp
Sebelumnya: Macam Macam Sedekah Jariyah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar