Mengapa Amerika Disebut Negara Adikuasa


Jika berkata tentang benua Amerika, maka akan terbayang di benak kita salah satu negara yang disebut negara adidaya yaitu Amerika Serikat. Kita sering menyebutnya Amerika saja. Amerika Serikat (AS) adalah negara yang berada benua Amerika Utara. Berbatasan dengan negara Kanada di bagian Utara dan berbatasan dengan Meksiko di bagian selatan. Mengapa Amerika disebut negara adikuasa, akan dijelaskan dalam artikel ini.

Sekilas Sejarah Amerika

Sejarah kependudukan asli Amerika cukuplah panjang. 15000 tahun yang lalu, penduduk asli Amerika disebut-sebut berasal dari Asia, lalu mereka mulai menetap di Amerika. Sejak ditemukannya benua Amerika oleh Columbus pada tahun 1492, berduyun-duyun koloni Inggris dan negara Eropa lain bermukim di Amerika. Sayangnya penduduk asli Amerika mulai tergusur di tanahnya sendiri.

Kerajaan Britania Raya yang diwakili Parlemen Inggris menetapkan pajak baru untuk seluruh warga Amerika. Namun hal tersebut dianggap inskontitusional karena suara rakyat Amerika tidak terwakili di parlemen. Lalu terjadilah perang dan setelah Revolusi Amerika, negara-negara koloni melepaskan diri dari kerajaan dan membentuk negara Amerika Serikat pada 4 Juli 1776.

Sosial Ekonomi

Perkembangan industri Amerika Serikat semakin pesat ketika pada abad ke-20 terjadi ledakan wirausahawan yang memajukan ekonomi secara perlahan. Ditambah lagi banyaknya pekerja imigran yang datang dan petani dari Eropa yang pindah ke Amerika. Perkembangan dunia politk menuju demokrasi yang lebih baik juga menambah kemajuan Amerika.
Pada mulanya, Amerika Serikat menyatakan sikap netral saat Perang Dunia I dimulai. Tetapi pada tahun 1917, Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jerman dan bergabung dengan Sekutu. Kekuatan negara ini dan Sekutu semakin tampak ketika pasukan Nazi dari Jerman dan Jepang mampu ditundukkan.

Amerika vs Uni Soviet

Amerikaa Serikat kemudian bersaing dengan Uni Soviet yang juga merupakan negara superpower saat dahulu. Persaingan senjata, ideologi hingga teknologi memicu Perang Dingin di antara kedua negara. Pada saat Uni Soviet hancur dan pecah, Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara adikuasa dan adidiaya dengan paham liberalismenya.

Amerika Serikat sering menuai kontroversi dalam segala tindakannya. Seperti pendudukan Irak dan Afganistan yang sampai saat ini disorot dunia internasional. Salah satu fokus utama negara ini sekarang adalah melawan terorisme yang sempat mengguncang Amerika.

Selanjutnya : Servis TV Rusak
Sebelumnya: Mengenal Macam-Macam Olahan Bebek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar