Mengapa Benalu Tergolong Penyakit Tanaman


Benalu adalah tumbuhan parasit yang mengganggu tumbuhan lain. Tumbuhan benalu dapat menghisap sumber makanan yang dibutuhkan tumbuhan yang ditumpanginya. Mengapa benalu tergolong penyakit tanaman, merupakan salah satu hal yang perlu diketahui oleh para pencinta tanaman atau yang berkecimpung di dunia flora.

Mengenal Benalu

Benalu tidak dapat hidup sendiri karena tidak mempunyai akar yang bisa menopangnya di tanah. Benalu hanya dapat menempel di tumbuhan lain yang dijadikan inang dengan akarnya yang bernama haustorium. Akar tersebut menembus kulit batang dan dahan dan kemudian menyerap makanan yang dibutuhkan tumbuhan inang.

Tanaman benalu mempunyai zat hijau daun, atau disebut klorofil. Namun benalu tidak bisa berfotosintesis karena tanaman ini tidak mempunya akar yang bisa menyerap air dan oksigen dari dalam tanah, oleh sebab itu air dan oksigen diambil dari tumbuhan inang. Karena pengambilan air dan oksigen yang dilakukan oleh haustorium tersebut, proses fotosintesis tumbuhan inang terganggu.

Benalu banyak tumbuh di daerah tropis. Benalu berkembang biak dan melakukan persebaran dibantu dengan unggas atau burung yang memakan bijinya. Apabila burung melakukan sekresi di sebuah pohon, maka benih benalu dapat berkecambah dan menempel di tumbuhan inang baru. Tumbuhan ini banyak tumbuh atau menempel di pepohonan besar.

Manfaat Benalu

Benalu ternyata juga memiliki sisi seni jika mampu dimanfaatkan dengan baik. Benalu dapat dijadikan barang kerajinan yang bernilai ekonomis, seperti benalu bambu. Bahkan para perajin mampu membuat bentuk-bentuk unik dan kreatif dari benalu yang sering tidak dimanfaatkan orang lain.

Yang lebih menakjubkan lagi, benalu dapat dimanfaatkan untuk obat kanker. Benalu yang berasal dari spesies The Camellia Sinensis telah diteliti dan kandungannya diyakini dapat mencegah kanker, atau anti-kanker. Selain itu khasiat benalu yang memiliki banyak kandungan baik ini mampu menjadikan tumbuhan ini tidak lagi sembarangan disingkirkan. Tanaman yang diserang benalu memang harus segera dibersihkan, namun benalu dapat dimanfaatkan dengan baik.

Berikutnya, benalu juga dapat dijadikan sebagai teh herbal. Benalu ditempelkan pada pohon tanah dan dibiarkan selama tiga tahun. Khasiatnya antara llain mengobati hipertensi, kanker, tumor ganas, dan banyak penyakit lainnya.

Selanjutnya : Cara Membuka Email Lewat HP
Sebelumnya: 3 Software untuk Mengolah Photo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar