Mengapa Bumi Bisa Berbentuk Bulat Pepat?


Mengapa bumi bisa berbentuk bulat pepat? Kalau tidak bulat, apa yang akan terjadi? Bentuk bumi itu seperti kue donat yang tidak ada bolongnya. Bila dibandingkan diameter di bagian khatulistiwa dan diameter di bagian kutub, maka diameter bagian khatulistiwa lebih panjang.

Bukti Bumi Bulat

Pandanglah cakrawala. Dari kejauhan akan terlihat betapa langit itu berbentuk cekung dan tidak datar. Hal ini pun terbukti dengan adanya potret yang diambil oleh salah satu pesawat luar angkasa. Keajaiban bentuk bumi ini pun terlihat dari zona waktu yang tidak sama. Negara Amerika yang merupakan negara benua saja bahkan mempunyai 4 zona waktu. Sedangkan Indonesia mempunyai 3 buah zona waktu.

Perbedaan ini terjadi karena bumi berputar mengelilingi matahari sehingga bagian yang tertutup matahari itu bergantian. Seandainya bumi ini tidak bulat, yang akan terjadi mungkin tidak seperti itu. Keadaan di bumi pun tidak akan seperti ini. Akan sulit membayangkan kalau bumi ini berbentuk kotak atau trapesium.

Menikmati Bumi yang Bulat

Ketika seseorang berusaha mengelilingi bumi dari arah selatan, ia bisa kembali dari arah utara. Begitu juga kalau ia mulai perjalanannya dari arah barat, ia bisa kembali ke tempat asal dari arah sebaliknya, timur. Pergantian siang dan malam, pagi dan sore, serta pergerakan bayangan manusia pada saat siang hari hingga sore hari, bisa memberikan informasi bentuk bumi yang bulat.

Saat berada di dataran tinggi, horizon akan terlihat tidak datar. Apalagi kalau berada di pantai. Menyaksikan kapal yang meninggalkan pelabuhan akan memberikan bukti kalau bumi memang bulat. Perhatikan secara perlahan bayangan kapal yang mulai menjauh itu. Perlahan tapi pasti, kapal akan menghilang hingga yang terakhir terlihat hanya tiang kapal.

Jika bumi tidak bulat, gambaran bumi pasti akan berbeda pada saat terjadi gerhana bulan. Selain itu, tidak akan ada gerhana bulan kalau bumi tidak bulat. Gerhana itu terjadi karena bayangan bumi menutupi bulan secara sempurna atau sebagian. Bukti-bukti ini bisa menjawab mengapa bumi bisa berbentuk bulat pepat.

Selanjutnya : Cara Membuka Facebook Dari Email
Sebelumnya: Cara Membuka Email Lewat HP
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar