Mengapa Guru Perlu Tahu Psikologi Pendidikan?


Psikologi pendidikan merupakan cabang ilmu psikologi yang menekankan pada pengetahuan bagaimana mempelajari peserta didik. Ilmu psikologi pendidikan ini sangat penting, salah satunya untuk memahami motif seseorang dalam belajar. Untuk alasan itulah, mengapa guru perlu tahu psikologi pendidikan.

Psikologi pendidikan merupakan gabungan beberapa cabang ilmu psikologi, seperti berikut.

1.  Psikologi perkembangan, mempelajari tahap-tahap perkembangan pada seseorang serta berbagai hal yang dapat memengaruhi proses perkembangan pada manusia.

2.  Psikologi sosial, mempelajari pengaruh sosial terhadap seseorang.

3.  Psikologi abnormal, mempelajari perilaku seseorang yang abnormal (abnormal behavior).

Seperti halnya cabang ilmu lain, psikologi ini juga diberi batasan, terutama hal yang menyangkut masalah etika.

Para praktisi psikologi pendidikan yang bekerja di berbagai sekolah memiliki tugas untuk membantu siswa dan orang tua siswa dalam mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi ketika menempuh pendidikan di sekolah yang bersangkutan. Mereka juga berperan sebagai konsultan yang menjembatani antara keinginan orang tua, kemampuan siswa, dan kesiapan para pengajar di sekolah. Sehingga, tercipta lingkungan belajar yang efektif dan efisien sesuai dengan harapan semua pihak.

Pengetahuan guru akan psikologi pendidikan cukup penting, di antaranya agar tidak sulit ketika melakukan kegiatan belajar mengajar, karena dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada pada siswanya. Selain itu, guru juga dapat mengetahui perkembangan yang dialami oleh para siswa, sehingga dapat menentukan tingkat keberhasilan yang diharapkan.

Setiap siswa tentu memiliki karakter yang berbeda. Dengan memahami psikologi pendidikan, maka guru tidak akan mengalami kesulitan yang berarti ketika menghadapi berbagai karakter siswa ketika mengikuti pelajaran.

Inilah yang membedakan lulusan fakultas pendidikan dan fakultas keilmuan murni. Di fakultas pendidikan, seseorang akan diberikan pengetahuan tentang psikologi pendidikan, sementara di fakultas lain tidak. Maka dari itu, pemerintah mensyaratkan sarjana dari fakultas nonpendidikan untuk mengikuti kuliah Akta Empat agar yang bersangkutan mendapatkan pengetahuan tentang psikologi pendidikan.

Demikian alasan mengapa guru perlu tahu psikologi pendidikan. Karena keberhasilan seorang siswa di sekolah tidak hanya karena faktor ilmu pengetahuan yang ditransfer oleh gurunya saja, tetapi ada faktor lain. Salah satunya adalah faktor psikologis dari semua yang terlibat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kumpulan Kata-kata Mutiara dalam Lagu
Sebelumnya: Movie Naruto Terakhir
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar