Mengapa Kita Harus Berani Melawan Kolonialisme atau Neokolonialisme?

Mengapa kita harus berani melawan kolonialisme atau neokolonialisme? Tidak ada satu orang pun yang ingin hidup terbelenggu oleh aturan yang dibuat oleh orang lain. Apalagi kalau aturan ternyata bertentangan dengan hati nurani orang yang harus mengikuti aturan tersebut. Bahkan kalau pun kehidupan itu begitu nyaman dan menyenangkan, tetap saja kebebasan itu tidak bisa dibeli dan dibayar dengan apa pun. 

Hak Azazi Manusia

Bebas menentukan apa yang akan dilakukan dan apa yang harus direncanakan merupakan hak azazi manusia. Ketika kolonialisme merasuki suatu kehidupan, maka kebebasan itu pun hilang. Pihak kolonial akan mengatur dan membuat peraturan yang sesuai dengan kepentingan mereka. Yang melanggar akan dihukum. Hukuman pun pasti tidak akan adil karena akan ada ketimpangan.

Pihak kolonial akan diuntungkan. Sedangkan pihak yang dijajah akan selalu menjadi sapi perahan. Indonesia telah merasakan betapa menyedihkannya menjadi budak di negeri sendiri. Sekarang pun sebenarnya Indonesia sedang berada dalam alam neokolonialisme terutama di bidang ekonomi.

Bentuk Kolonialisme dan Neokolonialisme

Lihatlah bagaimana bangsa asing dengan mudahnya mengatur sistem perekonomian bangsa ini. Dimulai dari masuknya beberapa negara yang memberikan pinjaman kepada Indonesia. Negara-negara itu ternyata mendapatkan keuntungan yang luar biasa dari negeri yang katanya sangat kaya ini.

Misalnya, dahulu Jakarta itu mempunyai tram. Tram tersebut dibangun oleh bangsa Belanda. Setelah Jepang menjadi salah satu pemberi utang terbesar kepada Indonesia, masuknya sepeda motor dan mobil yang diproduksi oleh Jepang. Tidak ada lagi tram. Bangsa ini menggunakan sepeda motor.

Begitu juga dengan perusahaan besar seperti Freeport. Kehebatan Freeport yang mampu menguasai kekayaan alam Papua bukan tanpa alasan. Freeport mendapatkan hak istimewa itu setelah ada perjanjian dengan para pejabat negeri ini. Sayangnya, kekayaan yang didapatkan oleh Freeport malah dimakan oleh bangsa lain. Anak negeri sendiri hanya bisa tersenyum getir.

Semua ketidakberdayaan bangsa ini menghadapi gejolak ekonomi dari dalam dan dari luar negeri adalah akibat dari sistem neokolonialisme yang diterapkan oleh bangsa penjajah modern. Dari sisi pemikiran dan gaya hidup pun sebenarnya bangsa ini telah masuk dalam perangkap neokolonialisme. Betapa tidak menyenangkannya karena hal ini terjadi di depan mata sendiri. Inilah mengapa kita harus berani melawan kolonialisme atau neokolonialisme.

Selanjutnya : Ringtone Tangisan Bayi Lucu
Sebelumnya: Kenali Penyebab Varicella Cacar Air
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading