Pentingnya Menjaga Kelestarian Tanah


Tanah adalah tempat di mana semua makhluk hidup tinggal, termasuk juga manusia. Tanah merupakan tempat yang paling penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Itulah mengapa kita harus menjaga kelestarian tanah.

Unsur-unsur yang terkandung dalam tanah disebut juga unsur hara. Unsur hara meliputi nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, juga bahan lain yang bermanfaat bagi tumbuhan. Unsur-unsur tersebut sangat dibutuhkan tumbuhan untuk proses perkembangannya. Dan kita, juga hewan, secara tidak langsung bergantung hidup pada tumbuhan karena tumbuhan merupakan produsen makanan, selain sebagai penghasil oksigen. Itulah mengapa kita harus menjaga kelestarian tumbuhan dan juga tanah sebagai tempat tumbuhnya tumbuhan.

Kerusakan tanah atau hilangnya kesuburan tanah diakibatkan pengolahan tanah yang kurang hati-hati dan terlalu seringnya menggunakan pupuk kimia. Pengolahan yang buruk pada tanah miring pun akan berakibat fatal.

Maka berikut beberapa cara menjaga kelestarian tanah :

  1. Menggunakan pupuk kimia dengan baik. artinya tidak terlalu banyak. Gunakanlah secara bijaksana. Karena zat kimia yang terkandung pada pupuk kimia akan mencemari tanah dan air. Gunakanlah pupuk kompos atau pupuk organik karena aman bagi lingkungan.
  2. Buatlah terasering pada tanah miring untuk mencegah erosi. Atau jika perlu, tanam tumbuhan atau batu pada tanah yang sangat miring.
  3. Tanami tanah yang tidak terlalu subur dengan kacang-kacangan untuk meningkatkan unsur nitrogen dalam tanah.
  4. Tanami tanah dengan berbagai tumbuhan. Itu difungsikan untuk melindungi kerusakan tanah akibat sinar matahari, dan bencana alam, juga agar tanah tidak menjadi gersang.
  5. Tidak membuang sampah sembarangan. Memisahkan sampah organik dan sampah anorganik juga penting. Karena, sampai anorganik sangat sulit diurai. Sedangkan sampah organik bisa dijadikan pupuk untuk tanaman.
  6. Membuang limbah dengan bijaksana. Jangan biarkan limbah dibuang sembarangan dan di mana saja. karena limbah pabrik bisa saja mengandur unsur logam berbahaya dan mencemari air dan lingkungan.
  7. Menggunakan metode pengawetan tanah. Metode pengawetan tanah dibagi menjadi dua, yaitu metode mekanik dan vegetatif. Metode vegetatif dan mekanik sangat cocok untuk mengendalikan erosi tanah.

Jangan lagi bertanya mengapa kita harus menjaga kelestarian tanah, ya! karena kita tahu dampak yang bisa kita dapat dengan merusak kesuburan tanah.

Selanjutnya : Jilbab Syar’i ke Kantor
Sebelumnya: Pengertian Surat Pemberitahuan dalam Perpajakan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar