Menjawab Pertanyaan Mengapa Makanan Menjadi Zat Gula dalam Darah, Apa Penyebabnya ?


Tentu sebagian orang pernah mendengar pertanyaan mengapa makanan menjadi zat gula dalam darah, apa penyebabnya ? Pertanyaan tersebut tentunya memerlukan jawaban ilmiah yang memang bisa memuaskan rasa penasaran orang yang menanyakannya. Sebelum menjawab, kita terlebih dahulu perlu mengetahui fungsi utama makanan dalam tubuh. Makanan adalah komponen penting dalam setiap kehidupan makhluk hidup. Makanan adalah sumber energi yang dibutuhkan oleh makhluk hidup termasuk manusia untuk bertahan hidup dan melakukan berbagai aktivitas. Makanan tersebut sebelum menjadi energi akan diubah menjadi zat gula terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.

Proses Pengubahan Makanan Menjadi Zat Gula atau Glukosa

Makanan yang dikonsumsi akan melalui tahapan pencernaan di dalam organ-organ pencernaan dalam tubuh. Pada masa proses pencernaan tersebut, makanan yang masuk akan diubah menjadi sebuah zat bernama zat nutrisi. Zat-zat nutrisi ini kemudian disalurkan melalui pembuluh limfe dan juga pembuluh darah untuk menuju hati. Hati menjadi tempat untuk mengubah zat-zat nutrisi menjadi zat gula atau glukosa. Glukosa inilah yang nantinya akan diubah menjadi energi untuk digunakan setiap orang dalam melakukan berbagai jenis aktivitas.

Glukosa biasanya diedarkan atau dialirkan melalui darah untuk disebarkan ke seluruh tubuh yang akan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Itulah mengapa makanan bisa menjadi zat gula atau glukosa di dalam darah. Selanjutnya glukosa biasanya akan disimpan di dalam tubuh dalam bentuk lain yaitu glikogen.

Menjaga Kadar Gula dalam Darah

Darah memang menjadi media untuk menyalurkan zat gula ke seluruh tubuh, dan hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk pemenuhan energi dalam tubuh. Akan tetapi, kadar gula di dalam darah pun harus mendapatkan kontrol penuh dari si pemilik tubuh. Kelebihan gula darah dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit yang bila semakin parah akan berakibat pada kematian. Contohnya seperti diabetes, penyakit jantung, kolesterol, dan memicu jenis penyakit lainnya.

Ada cara-cara yang  bisa dilakukan untuk mengontrol gula darah. Cara-cara tersebut di antaranya sebagai berikut.
1.    Menjaga pola makan.
2.    Tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung gula.
3.    Perbanyak konsumsi buah dan sayur.
4.    Rajin berolahraga.
5.    Rajin cek gula darah.
6.    Makan dengan porsi dan waktu yang tepat.
7.    Tidak terlena dengan makanan berlemak dan lezat.

Itulah jawaban singkat dari pertanyaan mengapa makanan menjadi zat gula dalam darah, apa penyebabnya ? Kadar gula yang ada di dalam darah pun tidak boleh sampai berlebihan. Ada risiko penyakit jika kadar gula darah terlalu berlebihan. Semoga informasi mengenai gula dalam darah ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.

Selanjutnya : Sejarah Mesin Pencari
Sebelumnya: Belajar Membuat Kesimpulan Novel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar