Mengapa Manusia Perlu Menerapkan Pembangunan Berkelanjutan?


Mengapa manusia perlu menerapkan pembangunan berkelanjutan? Pertanyaan itu sering menjadi pertanyaan di semua aspek dan bidang pekerjaan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari pembangunan berkelanjutan.

Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan yang dirancang dan direncanakan untuk kebutuhan dan kepentingan di masa sekarang tanpa melupakan dan mengesampingkan kebutuhan dan kepentingan untuk masa berikutnya (generasi berikutnya). Ada lagi yang menambahkan bahwa pembangunan berkelanjutan ini harus memperhatikan tatanan lingkungan dan alam sekitarnya.

Apabila melihat rujukan dari beberapa pakar, banyak ragam pengertian yang dapat kita ambil dari pembangunan berkelanjutan ini. Namun, jika kita ambil simpulannya, pembangunan berkelanjutan tersebut dicanangkan dalam rangka pemenuhan saat ini (sekarang) tanpa mengesampingkan dan mengabaikan untuk pemenuhan masa depan.

Manusia perlu menerapkan pembangunan berkelanjutan ini karena banyak hal positif yang dapat diambil. Dengan adanya pembangunan berkelanjutan ini, manusia akan lebih baik lagi dalam mengelola semua sumber daya alam dan potensi yang ada untuk digunakan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Selain itu, pembangunan berkelanjutan adalah rancangan dari kebutuhan masa depan. Ada tiga landasan (sebab) pembangunan berkelanjutan perlu dilakukan, yaitu faktor ekologi, faktor moral, dan faktor ekonomi. Dalam Deklarasi Universal Keberagaman Budaya menyatakan, bahwa dalam menerapkan pembangunan berkelanjutan ini harus memperoleh kepuasan dari aspek kognitif intelektual (IQ), emosional (EQ), moral (afektif), dan aspek spiritual (SQ).

Lebih detail lagi, PBB merinci bidang kajian dalam pembangunan berkelanjutan yang di antaranya, meliputi bidang pertanian, bioteknologi, perubahan iklim, demografi, energi, keuangan (finansial), kehutanan, kesehatan, industri, hubungan internasional, kemiskinan, samudera, laut, teknologi, bahan kimia yang beracun, perdagangan, lingkungan, transfortasi, limbah, perairan, pemanfaatan lahan, biologi (keanekaragaman hayati), dan pendidikan.

Di samping itu, bidang-bidang kehidupan manusia harus diterapkan dengan tepat dan mengenai sasaran dalam pengelolaan, perumusan, dan pembangunan berkelanjutan. Pada akhirnya, pembangunan berkelanjutan tersebut akan dirasakan manfaatnya oleh manusia.

Manusia pun harus berbeda diri agar mampu memenuhi kehidupannya dengan tepat, tidak berlebihan dan mengganggu keseimbangan bidang kehidupan. Jadi, mengapa manusia perlu menerapkan pembangunan berkelanjutan? Karena bermanfaat untuk masa depan generasi manusia itu sendiri.

Selanjutnya : Apa Itu Aerobik?
Sebelumnya: Penyebab dan Penularan Penyakit Herpes Simpleks Genetalia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar