Mengapa Merokok Dapat Menyebabkan Kanker Tenggorokan

Mengapa merokok dapat menyebabkan kanker tenggorokan? Pertanyaan ini kerap muncul seiring begitu gencarnya peringatan yang disampaikan pemerintah melalui televisi, radio dan juga di berbagai media cetak mengenai bahaya rokok bagi kesehatan. Pertanyaan ini tentunya membutuhkan jawaban yang jelas agar memunculkan kesadaran untuk menjauhi rokok. 

Bahaya Merokok

Rokok mengandung zat-zat berbahaya yang memicu terjadinya kanker tenggorokan. Zat-zat berbahaya yang terdapat di dalam rokok meliputi:
• Tar
Tak hanya terdapat di dalam rokok, zat yang satu ini juga merupakan bahan dasar pembuatan aspal. Karena itu bila zat ini menempel di paru-paru bisa menyebabkan iritasi dan juga kanker. Tar bisa membunuh sel-sel dalam saluran darah, memicu kanker dan menaikkan produksi lendir pada paru-paru.
• Karsinogen
Karsinogen merupakan suatu zat yang memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Karsinogen tak hanya memicu munculnya kanker tenggorokan tetapi juga jenis-jenis kanker lainnya.
• Karbon Monoksida
Gas yang satu ini menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Sebab gas ini memiliki kemampuan mengikat oksigen dalam tubuh. Selain itu, karbon monoksida mengikat hemoglobin yang membuat tubuh kekurangan oksigen dan juga menghambat sirkulasi darah.
• Zat iritan
Zat iritan dalam rokok tak hanya terdiri dari satu dua zat saja tetapi kurang lebih mencapai jumlah 4000 zat kimia asing. 40 zat di antaranya merupakan zat yang berbahaya untuk kesehatan seperti amonia, arsen, hidrogen sianida, polonium dan beberapa zat lainnya. Zat-zat kimia asing ini menyebabkan batuk, mengotori saluran udara dan juga kantung udara di dalam paru-paru.
• Nikotin
Zat ini merupakan zat yang membuat seseorang kecanduan rokok dan ingin terus menghisap rokok. Tak hanya membuat orang kecanduan, zat yang satu ini bisa merusak jaringan otak, memicu terjadinya pengerasan dinding arteri dan menyebabkan darah cepat membeku.

Nah, kelima zat berbahaya ini bila dihisap terus menerus akan memicu terjadinya kanker tenggorokan. Inilah jawaban untuk pertanyaan mengapa merokok dapat menyebabkan kanker tenggorokan.

Cara Berhenti Merokok

Bila Anda telah memahami bahaya merokok, maka sebaiknya mulai saat ini hentikan kebiasan merokok tersebut. Untuk berhenti merokok dibutuhkan niat yang bulat di dasar hati untuk menghentikan kebiasaan ini. Selanjutnya menjauhlah dari orang-orang yang merokok dan bergabunglah dengan orang-orang yang tidak merokok. Kurangi kebiasaan merokok sedikit demi sedikit dengan cara mengalihkan perhatian ke makanan pengganti rokok seperti permen atau kudapan. Lakukan pula olahraga agar pikiran teralihkan dari kebutuhan akan rokok.

Nah, semoga artikel ini mampu menjawab pertanyaan mengapa merokok dapat menyebabkan kanker tenggorokan dan bisa mendorong perokok untuk mulai berhenti merokok atau paling tidak mengurangi kebiasaan merokok.

Loading...
Selanjutnya : Style Pakaian Remaja Laki-laki dan Kepribadiannya
Sebelumnya: Kenapa Muka yang Cepat Sekali Berminyak Banyak Jerawat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar