Tahukah Anda, Mengapa Raflesia Arnoldi Merupakan Parasit

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya mengapa raflesia arnoldi merupakan parasit? Apakah Anda pernah melihat tumbuhan yang satu ini? Atau mungkin pernah mendengarnya? Pastinya sudah tak asing lagi di telinga kita kabar mengenai bunga raksasa ini. Beberapa tahun kebelakang nama bunga yang satu ini sempat menjadi sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia, yaitu raflesia arnoldi.

Nama raflesia arnoldi, diambil dari yang menemukannya, yaitu Joseph Arnold dan Thomas Stampord Rafless. Mereka menemukan bunga raflesia ini di hutan hujan Indonesia  dan baru kali itu mereka melihat jenis bunga ini, kemudianmereka pun menamakannya dengan raflesia arnoldi.

Bunga raflesia adalah salah satu jenis bunga langka yang tidak mudahbisa kita jumpai disembarang tempat.Ia hanya tumbuh di tempat-tempat tertentu. Ukurannya yang besar, bias mencapai satu meter ketika sedang mekar dengan berat 11 kilogram.Bunga ini dinyatakan sebagai bunga terbesar di dunia saat ini.

Selain terkenal dengan ukurannya yang besar, bunga raflesia juga memiliki bau yang khas, yaitu bau bangkai. Bau tak sedap dari bunga raflesia ini bias sampai lima atau tujuhhari, selama bunga ini mekar. Karena baunya yang tak sedap inilah, tak heran jika kemudian ada banyak lalat dan kumbang kotoran hinggap di atasnya untuk mengambil serbuk sarinya.

Selama ini mungkin kita hanya mengenal raflesia sebagai bunga raksasa, yang memiliki mahkota bunga besar, warnanya merah.Salah satu sumber menyatakan ada lebih dari 27 spesies bunga raflesia tumbuh di Asia Tenggara. Bunga raflesia ini secara struktur fisik yang terlihat tidak memiliki daun, tangkai, dan akar.

Indonesia salah satu negara yang banyak ditumbuhi bunga raflesia, bahkan raflesia pertama pun ditemukan di Indonesia. Tak heran jika bunga ini kemudian banyak menarik wisatawan dalam dan luar negeri untuk melihatnya secara langsung.Bunga tunggal ini disebut juga sebagai tumbuhan parasit, sebab bunga ini menghisap organik dan anorganik dari tanaman inangnya. Itulah mengapa bunga raflesia merupakan parasit bagi tanaman lainnya terutama tanaman yang menjadi inangnya.

Selanjutnya : Naruto Shippuden yang Bisa Dilihat
Sebelumnya: Nama, Gambar, dan Habitat Hewan Langka
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini