Sebab Mengapa Sabar Harus Ditumbuhkan

Mengapa sabar harus ditumbuhkan? Karena jika tidak memiliki kesabaran maka hidup akan kacau. Sabar itu kunci dari segalanya, misanya saja dengan hal terkecil saja seperti makan, harus sabar terlebih dahulu menunggu masakan dimasak terlebih dahulu baru bisa menyantapnya. Apa lagi ketika berhadapan dengan orang, harus memiliki stok sabar yang banyak. Tidak hanya terhadap orang, terhadap anak sendiri saja sering kali hilang kesabaran. Oleh sebab itu, setiap manusia harus memiliki stok sabar yang banyak agar hidup menjadi nyaman dan tentram tanpa adanya kebencian dalam hati.

Sebab Kenapa Harus Bersabar

Sabar adalah menahan amarah yang membuncah seketika itu. Sebenarnya tidak hanya saat marah saja, saat menunggu sesuatu pun seringkali kita tidak sabar, misalnya menunggu bus, menunggu teman dan lainnya. Sabar harus kita pupuk setiap hari karena setiap hari pula kita berinteraksi dengan manusia, terutama dengan anak yang seringkali membuat kita marah atau jengkel.

Lalu Bagaimana Caranya Kita Bersabar?

Caranya hanya satu yaitu istighfar dan mengingat Allah karena Dialah yang mengatur segala-galanya. Ketika kita sedang marah, maka beristighfarlah, kalau tidak bisa maka berwudhulah, tidak bisa juga maka berdirilah dan pergi menjaduh dari orang yang membuat kita marah, agar hati kembali tenang. Dan InsyaAllah sabar akan kembali ke hati kita, itu karena bantuan dari Allah setelah kita menyebutnya.

Banyak orang bilang kalau sabar itu ada batasnya. Ada benarnya dan juga ada salahnya. Kenapa begitu? Sabar tidak ada batasnya memang, jika kita beranggapan seperti itu bisa saja. Apa lagi ketika kita lupa dengan Allah maka stok sabar yang kita miliki akan habis dan kesabaran pun hilang, dan apa yang terjadi? Kemarahan berujung kepada pertengkaran hebat dan bisa lebih hebat lagi. Berbeda dengan yang beranggapan sabar itu tidak ada batasnya, karena mereka selalu menyebut Allah ketika sedang marah atau sedang di rundung masalah, maka Allah akan selalu menambah kesabaran di hati kita. Itulah nikmatnya orang yang bersabar, selalu diberi stok kesabaran setiap kali bersabar.

Kemudian mengapa sabar harus ditumbuhkan? Ini cocok sekali untuk orang yang tidak bisa bersabar atau orang yang beranggapan sabar itu ada batasnya. Karena untuk mendapatkan kesabaran itu tidak mudah, kita berjuang dengan hati, bertengkar dengan pikiran bahwa harus sabar atau tidak. Maka sebab itu sabar harus ditumbuhkan dari sekarang dan perlahan, supaya kesabaran itu selalu tumbuh dalam diri kita.

Selanjutnya : Tips Agar Memiliki Badan Ideal Sesuai Keinginan
Sebelumnya: Mengenali Beragam Tipe Suami Sholeh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...