Mengapa Setiap Permukaan Tanah yang Ada di Bumi Ini Selalu Berbeda

Mengapa Setiap Permukaan Tanah yang Ada di Bumi Ini Selalu Berbeda? Ada banyak hal yang menyebabkan hal tersebut. Sebelum mengetahui sebabnya, ada baiknya terlebih dulu kita pelajari tentang apa itu tanah.

Pembentukan Tanah

Tanah merupakan hasil pembentukan dari mineral serta organik di permukaan bumi. Tanah ini merupakan kombinasi membusuknya bahan induk, jasad renik, serta adanya faktor alam seperti iklim.
Tanah berasal dari batuan yang melapuk, dan batuan tersebut terbentuk selama jutaan tahun yang lalu. Pelapukan ini terjadi karena adanya pelapukan biologi dan pelapukan fisika.

a.    Pelapukan Fisika

Pelapukan fisika terjadi karena adanya faktor alam, seperti air, angin, suhu, atau gelombang laut. Angin yang bertiup dengan kencang bisa mengikis batuan. Perubahan suhu juga mengakibatkan melapuknya batuan.

b.    Pelapukan Biologi

Pelapukan biologi terjadi karena tumbuhan serta lumut yang membuat batuan menjadi lapuk dan akhirnya hancur menjadi tanah.

Tanah tersusun dari beberapa lapisan, yaitu debu, tanah liat, lumpur, pasir, kerikil, dan batu. Tanah yang memiliki kandungan debu yang banyak serta butiran tanah liat sangat sukar dilalui oleh air, tapi tanah yang memiliki kandungan pasir lebih mudah dilalui oleh air. Lalu mengapa setiap permukaan tanah yang ada di bumi ini selalu berbeda? Hal ini terjadi karena berbedanya jenis batuan yang mengalami pelapukan, dan juga karena adanya faktor-faktor pembentukan tanah yang berbeda.

Faktor Pembentuk Tanah

Berikut ini adalah faktor-faktor pembentuk tanah :

1.    Iklim

Iklim mempengaruhi pembentukan tanah terutama karena 2 (dua) unsur, yaitu suhu dan curah hujan.

2.    Organisme Pembentuk Tanah

Organisme pembentuk juga menjadi faktor terbentuknya tanah. Organisme pembentuk yang berbeda akan menghasilkan tanah yang berbeda pula.

3.    Batuan Induk

Batuan Induk yang berbeda juga akan menghasilkan tanah yang berbeda. Seperti batuan induk yang mengandung pasir akan menghasilkan tanah berpasir.

4.    Topografi

Keadaan relief yang berbeda pada suatu tempat juga berpengaruh besar terhadap perbedaan permukaan tanah. Seperti tanah bertopografi miring akan lebih tipis karena tererosi, sedangkan di lahan datar, tanah lebih tebal.

5.    Waktu

Tanah yang terbentuk itu memakan waktu yang lama, sehingga semakin tua usianya, akan mengalami pelapukan yang menyisakan mineral tanah sehingga susah lapuk.

Demikian sebab-sebab mengapa setiap permukaan tanah yang ada di bumi ini selalu berbeda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda.

Loading...
Selanjutnya : Apakah yang Melindungi Bayi di Dalam Rahim Ibu?
Sebelumnya: Asal Mula Ericsson Berkamera Pertama
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar