Mengapa Tumbuhan Dapat Melakukan Fotosintesis?


Mengapa tumbuhan dapat melakukan fotosintesis? bagaimana fotosistesis terjadi? Apa yang dimaksud dengan fotosintesis? 

Pertanyaan–pertanyaan yang sebenarnya sepele, yang sering ditanyakan di sekolah dasar namun banyak dari kita yang sebenarnya masih bingung dan tidak bisa menjawab pertanyaan–pertanyaan di atas. Mengetahui proses yang terjadi pada tumbuhan akan sangat menarik jika kita benar-benar mempelajarinya, disini akan sedikit dikupas mengenai fotosintesis pada tumbuh–tumbuhan.

Pengertian Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses yang sangat penting yang terjadi pada tumbuhan, bahkan jika tumbuhan tidak dpat melakukan proses fotosintesis maka tunbuhan tersebut akan mati. Proses fotosintesis tidak ubahnya dengan proses makan dan minum pada manusia, dengan melakukan proses fotosintesis maka tumbuhan tersebut dapat memproduksi karbohidrat untuk kelangsungan hidupnya.

Berbeda dengan manusia atau binatang yang harus mencari makanannya sendiri dengan cara berburu atau bercocok tanam, tumbuhan dapat memproduksi makanan yang dia konsumsi sendiri, hal ini disebut dengan fotoautotrof.

Pentingnya Fotosintesis

Fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan juga sangat penting untuk menunjang kehidupan di muka bumi ini, karena dengan dilakukannya fotosintesis maka secara otomatis tumbuhan akan menghasilkan oksigen, oksigen (O2) adalah suatu senyawa yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di bumi ini, mulai dari organism kecil hingga hewan yang ukurannya sangat besar. Manusia pun sudah lama punah jika tidak menghirup oksigen sehari-hari. Tingkat oksigen pada atmosfir ini secara tidak langsung dijaga oleh proses fotosintesis.

Dengan semakin banyaknya tumbuhan dan pepohonan yang ditebang, maka hal ini sedikit demi sedikit akan mengurangi jumlah oksigen yang ada di bumi, manusia dengan ketamakannya selalu mengutamakan kepentingan pribadi dengan mengubah hutan menjadi kawasan perkantoran untuk keuntungan sesaat, hal ini tidak dapat dibenarkan karena akan merusak kesimbangan lingkungan yang ada dan bukan tidak mungkin akan mempercepat kerusakan bumi.

Manfaat Fotosintesis

Begitu pentingnya proses fotosintesis bagi semua makhluk, sehingga kita harus sadar dan mulai mengimbangi dengan menanam tumbuhan-tumbuhan disekitar kita. Selain memproduksi oksigen ternyata fotosintesis juga memiliki peran yang sangat krusial lainnya, penyerapan energi yang dilakukan oleh fotosintesis sangat lah tinggi, diperkirakan sebesar 100 tera watt atau setara dengan berkali-kali lipat konsumsi energi peradaban manusia.

Selain oksigen dan energi ternyata fotosintesis juga menjadi sumber karbon untuk senyawa–senyawa organik dalam tubuh organism, setiap tahunnya fotosintesis merubah 100-115 peta gram karbon menjadi biomassa. Jadi, merupakan kebesaran Allah YME dan menjadi manfaat bagi makhluk-makhluk lainya dibumi mengapa tumbuhan dapat melakukan fotosintesis.

Selanjutnya : Makanan untuk Pasien Diabetes Militus
Sebelumnya: Cara Praktis Download Film 3gp Gratis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar