Mengapa Tumbuhan Disebut Paruparu Alam

Mengapa tumbuhan disebut paruparu alam karena tumbuhan menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida yang dihasilkan manusia dan binatang. Sebagai produsen rantai makanan, tumbuhan berperan dalam menghasilkan oksigen bagi makhluk hidup dan menjaga keseimbangan lingkungan. Dewasa ini lahan untuk tumbuhan semakin menyempit karena adanya pembangunan yang memangkas lahan pertanian, hutan, maupun lahan lain sebagai tempat tumbuhan hijau. Semakin sedikit tumbuhan hijau maka polusi tidak dapat terelakkan lagi. Pencemaran udara bertambah parah karena tidak ada tumbuhan sebagai penyaring udara kotor.

Manfaat Tumbuhan

Loading...

Proses fotosintesis pada tumbuhan dalam menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida sangat dibutuhkan oleh mkhluk hidup. Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup antara lain:

  1. Tumbuhan hijau menghasilkan oksigen (O2) yang berguna bagi pernapasan makhluk hidup.
  2. Menyeimbangkan alam, sebagai tempat tinggal flora dan fauna.
  3. Melindungi dari polusi udara seperti asap kendaraan dan debu serta mencegah banjir.
  4. Sebagai sarana rekreasi dan pendidikan.

Hutan Adalah Paruparu Dunia

Hutan merupakan kawasan yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan dan pepohonan lebat yang dapat ditemukan di wilayah berbagai dunia. Sebagai bagian dari sumber daya alam, hutan memiliki peran yang sangat vital. Hutan berfungsi sebagai penghasil oksigen, penyedia air, tempat tinggal bermacam floran dan fauna, penyeimbang ekosistem, dan sebagainya. Hutan menjadi paruparu dunia karena memiliki banyak tumbuhan. Pepohonan yang lebat di hutan juga mampu menahan tekanan air hujan sehingga mengurangi kerusakan tanah yang berasal dari erosi. Hal ini dapat membantu penyerapan air tanah dan menignkatkan kesuburan.

Lingkungan hutan sebagai wadah keseimbangan ekosistem serta penyedia sumber daya ternyata tidak memberikan kesadaran masyarakat untuk merawatnya. Sumber daya di hutan diambil seenaknya tanpa mempertimbangkan kelestarian lingkungan sehingga menimbulkan tanah longsor, banjir, dan terganggunya system penyedia air. Perburuan liar dan system ladang berpindah semakin menambah kerusakan hutan. Kebakaran hutan sering terjadi dan berakibat  keanekaragaman flora dan fauna hutan berkurang serta memicu pemanasan global.Jumlah hutan pun semakin berkurang karena aksi liar manusia.

Penghijauan merupakan salah satu langkah yang bisa mengembalikan fungsi hutan dan menjaga kelestariannya. Setiap individu yang melanggar harus diberikan sanksi hukum yang tegas serta bersifat menjerakan bagi pelaku. Selain itu pengawasan dan regulasi pemerintah harus jelas. Bayangkan jika hutan habis sementara suhu bumi semakin panas dan tidak ada hutan sebagai penyeimbang alam. Menjaga kelestarian lingkungan sangat penting untuk kelangsungan hidup generasi mendatang. Itulah peran dari hutan dan mengapa tumbuhan disebut paruparu alam.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Ucapan dan Doa Selamat Ulang Tahun yang Baik
Sebelumnya: KH Hasyim Asyari Pejuang Islam di Indonesia dalam Dunia Pendidikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar