Mengartikan Nama Seseorang

Mengartikan nama seseorang itu dibutuhkan banyak ilmu. Apalagi mengartikan nama orang Indonesia yang berasal dari banyak sekali latar belakang budaya dan bahasa. Minimal memahami bahasa Jawa, bahasa Inggris, Sansekerta, dan beberapa bahasa asing lainnya, terutama Arab, Perancis, dan Latin. Kreativitas orang Indonesia dalam memberi nama anaknya, patut diacungi jempol.

Arti dan Makna

Orang Indonesia itu sangat senang membuat nama dengan arti dan makna yang begitu dalam. Jarang sekali mereka memberi nama tanpa maksud apa pun. Mereka sangat tahu bahwa nama itu adalah doa. Selain itu, ajaran Islam yang mengatakan bahwa memberi nama yang baik kepada anak adalah kewajiban orangtua, telah membuat orangtua berusaha sebaik mungkin mencari nama yang indah.

Nama itu sebenarnya tidak harus panjang. Cukup satu kata. Tapi orang Indonesia tampaknya tidak puas dengan hal ini. Mereka membuat nama panjang sepanjang harapan yang diinginkan. Misalnya, nama anak Imamah Arifiatunnisa.

‘Imamah’ itu adalah diambil dari bahasa Arab. Maknanya adalah kepemimpinan. ‘Arif’, artinya bijak. Sedangkan ‘Nisa’ itu artinya wanita. Anak ini diharapkan memiliki kepemimpinan yang arif dan dia menjelma menjadi seorang wanita yang mampu memimpin dirinya dan lingkungannya dengan bijaksana.

Satu Kata

Banyak juga orangtua yang hanya memberikan satu kata pada nama anaknya. Tapi satu kata ini diambil dari nama orang alim yang kehidupannya diketahui sangat baik dan bisa menjadi contoh yang bagus bagi anak. Misalnya, Maryam. Inilah nama ibunda Nabi Isa as. Seorang wanita yang nama dan kisahnya diabadikan dalam Al Quran. Seorang wanita yang menjaga kehormatannya dan hidupnya hanya dipersembahkan kepada Allah Swt.

Asiah, adalah nama istri Firaun. Wanita ini sangat sholehah sehingga ia diberikan kesempatan mengintip rumahnya di surga. Ketika suaminya mengaku menjadi Tuhan, Asiah tidak terpengaruh. Ia tetap mengagungkan Allah SWT sehingga ia pun diberi kesempatan untuk merawat Nabi Musa as saat bayi.

Aisyah, inilah nama salah satu istri Rasulullah yang sangat dicintai oleh manusia nan mulia tersebut. Wanita cerdas ini meriwayatkan begitu banyak hadist. Ia menjadi ibunda kaum muslimin yang kehidupannya menjadi contoh yang perlu diteladani. Ia adalah seorang wanita yang sangat taat kepada suaminya. Memberikan namanya kepada anak, diharapkan sang anak akan tumbuh menjadi seorang wanita yang sholehah yang menjadi perhiasan dunia dan bidadari akhirat.

Mengartikan nama seseorang itu penuh dengan tantangan karena memang banyak latar belakang dari nama tersebut.

Selanjutnya : Resep Jongkong Kelapa Muda Sebagai Salah Satu Menu Makanan Dessert
Sebelumnya: Mengapa Narkoba Sangat Dilarang?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...