Cara Mengatasi Diare untuk Orang Dewasa


Bagaimana cara mengatasi diare untuk orang dewasa? Diare adalah penyakit dengan tanda-tanda seperti buang air besar berulang kali, bisa lebih dari tiga kali sehari ditambah dengan rasa mulas.

Kemudian gejala berikutnya adalah  berkurangnya cairan tubuh, mual, badan lemas, tinja yang dikeluarkan tidak padat dan terdapat darah atau lendir di dalamnya, serta penderita menjadi tidak nafsu makan dan panas. Diare dapat dikatakan kronis apabila lebih dari 2-3 minggu masih menderita diare. Penyakit ini bisa diderita oleh semua usia, dari anak-anak hingga dewasa.

Cara Mengatasi Diare

Untuk orang dewasa, biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Bakteri muncul karena gangguan pencernaan, salah makan atau stres. Untuk penyebab salah makan, makanan dan minuman terkena kuman Salmonella sp, virus, shigella, parasit, atau jamur.

Ketika terkena diare, cara mengatasi diare yang praktis adalah dengan minum air putih yang banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, lalu minum larutan oralit yaitu larutan gula dan garam, tidak mengkonsumsi makanan berserat, dan istirahat yang cukup. Hal ini dikarenakan ketika terkena diare, badan akan sangat lemas.

Solusi lainnya juga bisa dengan bahan tradisional. Bahan alaminya yaitu dengan menggunakan 10 lembar daun biji dari pucuk daun dan bersih, lalu kunyit yang besar ,dan 9-10 gram lempuyang emprit. Semua bahan ini dibersihkan, diiris tipis, rebus semua bahan dengan ditambah 4 gelas air.

Jika rebusan bahan sudah bisa untuk 3 gelas, maka matikan kompor. Rebusan tersebut disaring dan tunggu dingin. Rebusan ini bisa diminum setengah gelas sebanyak 4 kali dalam sehari.

Sementara itu, untuk pencegahan diare bisa dengan cara menjaga dan memperhatikan kebersihan makanan. Karena apabila makanannya tidak bersih serta di mana lalat-lata hinggap, maka hal tersebut akan membawa kuman penyebab penyakit diare.

Jangan pula bosan untuk mencuci tangan sebelum melakukan aktifitas di luar, sebelum makan apalagi jika menggunakan tangan, dan jangan lupa mencuci tangan setelahnya. Lalu, peralatan makan atau yang ada di rumah yang sering tersentuh tangan sebaiknya juga dicuci secara berkala. Kemudian gunakan air bersih agar terhindar dari kuman.

Itulah cara mengatasi diare untuk orang dewasa. Tetapi alangkah baiknya jika kita bisa mencegahnya dengan memperhatikan kebersihan lingkungan dan diri kita sendiri.

Selanjutnya : Peran Seorang Suami Menurut Islam
Sebelumnya: Asyiknya Belajar Bahasa Perancis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar