Mengatasi Kaki Bengkak


Pembengkakan atau edema bisa disebabkan oleh peningkatan tekanan di pembuluh darah kaki Anda. Pembengkakan kaki biasanya terjadi di sekitar pergelangan kaki. Bisa jadi anda menemukan bengkak juga bisa terjadi pada jari-jari Anda, wajah dan punggung bawah. Mengatasi kaki bengkak tidaklah sulit.

Penyebab Kaki Bengkak

Pada dasarnya kaki bengkak terjadi ketika seringnya aktivitas yang melibatkan penumpuan pada kaki berlangsung sangat lama, sehingga kaki sebagai penopang tidak kuat untuk mengatasi berat tubuh, maka terjadilah bengkak pada pembuluh darah kaki. Pembengkakan di kaki bisa berlangsung dalam beberapa hari.

Gaya gravitasi membuat cairan tubuh yang berada pada kaki terbangun pada titik terendah. Cuaca panas dan kelelahan juga bisa membuat bengkak semakin parah. Maka anda perlu menghubungi dokter jika hal ini berlangsung lama.

Tips Mengatasi Kaki Bengkak

Mengatasi agar terhindar dari terjadinya bengkak pada kaki. Anda bisa istirahat sebanyak mungkin, tempatkan kaki Anda di atas pinggul dengan posisi terlentang di sebuah bangku atau kursi. Cobalah untuk tidak menyilangkan kaki Anda, karena hal ini akan membatasi aliran darah.

Duduklah ketika Anda bisa, dan jika pekerjaan Anda melibatkan kegiatan berdiri untuk jangka waktu lama, maka gerakkan kaki satu dengan kaki lain secara bergiliran guna meningkatkan aliran darah.

Ketika di rumah, selesai beraktivitas bekerja anda, mintalah seseorang untuk memijat kaki Anda dengan lembut, menggunakan kedua tangan dari atas kaki ke arah lutut, menggunakan minyak pijat seperti minyak biji anggur. Namun, jika kaki Anda terlalu bengkak dan kulit sangat ketat, ini mungkin terlalu menyakitkan bagi Anda.

Hindari menggunakan minyak esensial aromaterapi untuk pijat, cukup gunakan minyak terapi tersebut untuk merendam kaki anda. Minyak cemara sangat baik untuk sirkulasi dan varises. Minyak Lavender dan chamomile juga dapat mengurangi ketidaknyamanan pada kaki Anda dan membuat Anda merasa lebih santai.

Anda juga dapat mencoba daun kubis hijau atau putih dengan meletakkan di area yang bengkak untuk menarik keluar kelebihan cairan dan meringankan ketidaknyamanan Anda. Daun dibersihkan terlebih dahulu, tidak perlu dicuci, dan dinginkan di kulkas, tetapi jangan jangan masukkan dalam freezer.

Caranya, bungkus daun kubis tadi di sekitar bagian yang paling bengkak sebagai kompres. Diamkan sampai daun tersebut membasahi kaki dan kering dengan sendirinya, kemudian ulangi lagi dengan daun segar hingga rasa sakit berkurang. Ulangi langkah ini sampai Anda merasa lebih nyaman. Bagaimana terapi sederhana dalam mengatasi kaki bengkak anda, semoga manjur.

Selanjutnya : Tips Dekorasi Pesta Pernikahan Outdoor Sederhana
Sebelumnya: Efek Kemoterapi Kanker bagi Tubuh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar