Mengatasi Masalah Kemampuan Yang Lemah Dalam Bahasa Inggris


Mengatasi Masalah Kemampuan Inggris

Bahasa adalah salah satu media untuk berkomunikasi. Terdapat bahasa ibu dan bahasa asing. Bahasa ibu adalah bahasa asli dari tempat kita lahir. Sementara bahasa asing adalah bahasa yang kita pelajari setelah kita beranjak dewasa. Di dunia bahasa asing yang paling dianggap populer adalah bahasa Inggris.

Oleh karena itu, hampir setiap orang di dunia mempelajari bahasa tersebut. Namun, mempelajari bahasa harus dilakukan dengan rajin. Jika masih merasa kurang dalam berbahasa Inggris, cara mengatasi masalah lemah dalam bahasa Inggris adalah melalui pendekatan mendengar, membaca, berbicara, dan menulis.

Cara pertama adalah mendengar. Agar mudah dalam mempelajari bahasa Inggris, seringlah mendengar lagu-lagu dengan lirik berbahasa Inggris. Tetapi, jangan langsung melihat liriknya. Dengan sering mendengarkan, kita bisa hapal lalu peka terhadap pengucapannya. Akan lebih baik memilih lagu dengan bahasa yang bukan bahasa slang atau bahasa gaul tetapi bahasa sehari-hari yang baik.

Cara berikutnya adalah dengan cara membaca. Novel yang berbahasa Inggris atau majalah asing bisa membantu kita untuk meningkatkan pemahaman dalam bahasa Inggris. Kita akan terlatih membaca, jika tidak ada yang mengerti, bisa menggunakan kamus. Jadi ketika ada kata berbahasa Inggris kita bisa memahami artinya. Tetapi bisa juga dengan membaca dengan memahami konteks yang ada di cerita tersebut. Karena novel berbahasa Inggris cukup mahal, kita bisa meminjam di perpustakaan atau membelinya di pasar buku second.

Cara selanjutnya adalah berbicara. Kita bisa berlatih dengan teman atau keluarga untuk mempraktekkan apa yang telah kita pelajari. Gunakan untuk percakapan sehari-hari. Kita bisa juga berlatih berbicara dengan penutur asli karena aksen yang dimiliki pasti berbeda dengan kita yang bukan penutur asingnya.

Terakhir adalah menulis. Selain tiga pendekatan yang telah disebutkan sebelumnya, kita juga harus berlatih menulis agar jangan sampai salah menulis atau mengeja kata-kata berbahasa Inggris. Lebih baik jika kita mulai menulis catatan harian atau bahkan cerita. Dengan begitu kita akan terbiasa menulis dalam bahasa Ingris.

Dengan pendekatan-pendekatan yang telah disebutkan, jika sering berlatih maka pemahaman kita akan bahasa Inggris akan semakin baik. Kita akan bisa mengatasi masalah lemah dalam bahasa Inggris. Dengan mengikuti les bahasa Inggris bisa juga memicu untuk belajar bahasa Inggris lebih baik lagi.

Selanjutnya : Berbagai Motivasi Patah Hati bagi Penderita Putus Cinta
Sebelumnya: Tips Membuat Bonsai Beringin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar